Kundur News.

Batam – Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyatakan menjelang bulan Ramadhan jumlah penumpang keberangkatan mengalami kenaikaan 13 persen dibandingkan pada hari biasa.

“Hari biasa rata-rata penumpang keberangkayan sekitar 7.300 orang per hari. Dalam sepekan terakhir meningkat antara 8.600 orang hingga 8.929 orang atau naik 12-13 persen,” kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Jumat kepada Antara

Ia mengatakan kenaikan tertinggi terjadi pada Minggu 29 Mei yang tercatat ada 8.929 orang penumpang keberangkatan.

“Untuk yang datang relatif normal. Kenaikan tidak sesignifikan penumpang keberangkatan,” kata dia.

Tingginya penumpang keberangkatan tersebut, kata dia, dipengaruhi oleh warga Batam yang ingin kembali ke kampung halaman untuk ziarah kubur dan siswa yang sudah libur sekolah.

Suwarso memperkirakan kepadatan penumpang keberangkatan tersebut akan tetus teradi sampai pekan peratama Ramadhan.

“Setelah itu akan kembali sepi. Akan kembali ramai lagi mulai satu pekan sebelum lebaran dimana arus mudik Idul Fitri mulai melonjak,” kata Suwarso.

Meskipun terjadi kenailan signifilan, kata dia, namun masih mampu dilayani oleh jadwal penerbangan yang sudah ada.

“Penambahan penerbangan belum ada. Penambahan biasanya sepekan menjelang Idul Fitri manti,” kata dia.

Perwakilan manajemen Lion Air Group di Batam M Zaine Bire mengatakan sepekan terakhir penerbangan tujuan Medan, Pekanbaru, Surabaya dan Yogyakarta sangat padat.

“Tujuan itu sudah sangat padat sepekan terakhir. Kondisi serupa masih akan terajadi seminggu kedepan,” kata dia. (Antara)