Penyakit Sering Muncul Pasca Lebaran

makanan lebaran

 

 

+

+

+

 
Kundur News
Hari Lebaran tentu menjadi momen berharga setelah sebulan penuh berpuasa. Banyaknya makanan dan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di hari tersebut merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Namun hati-hati, jika tak dijaga dengan baik, momen hari itu justru bisa timbulkan penyakit.

Pasca lebaran bukan tidak mungkin bisa muncul berbagai macam penyakit yang membahayakan kesehatan Anda, terutama berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi

Banyaknya hidangan makanan apabila berkunjung kesanak saudara bisa menimbulkan penyakit apabila anda tidak hati-hati. Ditempat ini makan opor, ditempat lain makan kue kering dengan kandungan lemaknya maupun minum-minuman yang menyegarkan dengan sodanya yang membuat selera makan bertambah, apalagi disambut dengan musim durian dan rambutan yang membuat Pola makan akan menjadi tidak teratur sehingga membuat kondisi tubuh berubah, apabila imunitas tubuh menurun maka sangat mudah diserang penyakit.

Berikut adalah penyakit yang ditimbulkan setelah lebaran:

1. Diare
Lebaran bukan berarti kondisi lingkungan akan 100 persen bersih dan bebas lalat. Kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Salah satu efek yang mungkin dialami akibat permasalahan ini adalah munculnya penyakit diare.

2. Maag
Kondisi ini biasanya muncul setelah makan berlebihan dan terlalu banyak makan pedas
kondisi maag ini biasanya kambuh setelah pada hari Lebaran tersebut orang ini tidak bisa menahan keinginannya untuk makan makanan yang jumlahnya berlimpah. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas juga bisa memicu kambuhnya penyakit ini.

3. Peningkatan kadar gula darah dan kolesterol
Kondisi ini muncul setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, terutama saat lebaran. Tidak bisanya mengontrol asupan makanan manis selama hari lebaran menimbulkan kadar gula darah terus-menerus tinggi dan bahkan berisiko hiperglikemia.

Serupa dengan peningkatan kadar gula darah, meningkatnya kolesterol juga timbul sebagai akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat lebaran seperti opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, dan ayam goreng.
Pilek, batuk dan radang tenggorokan

Ketika berkunjung dari rumah kerumah pasti akan dihidangkan minuman baik itu minuman hangat maupun dingin. Minuman yang mengandung bahan pemanis buatan atau memiliki kadar gula yang tinggi yang menyebabkan batuk, radang tenggorokan bahkan bisa menyebabkan pilek.

4. Hipertensi

Makanan yang dihidangkan yang banyak mengandung kolestrol, dan banyaknya makanan yang ber aneka rasa entah itu manis, pedas, asam dan gurih. Bisa menyebabkan penyakit kronis anda kambuh seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol.

5. Kondisi kesehatan tubuh menurun

Banyaknya agenda untuk berkunjung dari rumah-kerumah menguras banyak tenaga, apabila tidak memperhatikan kesehatan tubuh dan istirahat yang cukup membuat kesehatan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit diakibatkan imunitas menurun.

Itulah penyakit yang timbul setelah lebaran, perhatikan apa yang anda konsumsi dan perhatikan waktu istirahat anda. Jadikan momen lebaran sebagai hari yang menyenangkan buat anda dan keluarga anda dengan menjaga kesehatan

+