Kundur News.
Hari ini, 29 Juli 2015, Microsoft akhirnya mengumumkan peluncuran Windows 10 di 190 negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Tidak kalah menarik, Windows 10 bisa didapatkan tanpa biaya apapun alias gratis bagi pengguna PC dan tablet yang sebelumnya sudah menggunakan OS Windows 7 dan Windows 8.1 original.

Bagi pengguna kedua versi lama Windows tadi yang sudah melakukan reservasi upgrade ke Windows 10 lewat situs http://www.windows.com/windows10upgrad akan mendapat notifikasi update secara otomatis saat update siap untuk dipasang di perangkat. Bagi Anda yang sudah reservasi namun mendapat notifikasi jangan khawatir sebab notifikasi update Windows 10 memang diberikan secara berkala terhitung hari ini.

Perlu diketahui, jika sistem pengguna belum siap untuk diupgrade ke Windows 10, Microsoft akan memberikan detail lebih terkait upgrade.

Dalam kasus tertentu, pengguna akan menerima kontak informasi dari Microsoft sehingga pengguna dapat secara langsung berhubungan dengan penyedia aplikasi atau perusahaan manufaktur perangkat untuk proses upgrade.

Khusus pengguna organisasi yang sudah memiliki volume licensing untuk Windows 7 dan 8.1 versi Enterprise dan Education akan menerima update ke Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Education mulai 1 Agustus.

Windows 10 sendiri hadir dengan fitur-fitur yang familiar, seperti kembalinya menu Start di pojok kiri dan Live Tiles untuk mengetahui update terkini secara instan.

Selain itu, Windows 10 juga dilengkapi dengan inovasi yang menghadirkan pengalaman personal, seperti Cortana2, sang asisten digital personal; Microsoft Edge, browser terbaru; Xbox App; dan Office Universal App.

Windows terbaru yang memiliki tingkat keamanan terbaik itu pun tersedia di berbagai jenis perangkat yang paling lengkap, termasuk PC, tablet, smartphone, Raspberry Pi, Xbox One, HoloLens, dan masih banyak lagi. Tidak salah bila Microsoft menyebutnya sebagai sistem operasi terbaik.

“Dengan memperhatikan jutaan saran yang masuk ke Microsoft, kami menjadikan Windows 10 sistem operasi yang lebih personal, natural, dan aman sehingga dapat membantu konsumen, pelaku bisnis kecil menengah hingga perusahaan berskala besar untuk melakukan banyak hal hebat,” ujar Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia dalam siaran pers yang diterima Merdeka.com, (29/07).

Tidak ketinggalan, Microsoft juga meluncurkan Windows Store yang baru dan Windows Software Development Kit di hari yang sama sehingga memperluas kesempatan pengguna untuk mencoba berbagai aplikasi inovatif di Windows 10.

Informasi lebih lanjut mengenai upgrade, perangkat baru dan ketentuan kompatibilitas, serta aplikasi untuk Windows dapat ditemukan di http://www.windows.com.