Tanah Merah — Anggota Personil Koramil 02/Tanah Merah (TM) jajaran Kodim 0314/Inhil, Serda M Ade Putrawan melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) di Kampung Pancasila, Kelurahan Kuala Enok, kecamatan Tanah Merah kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, Kamis (31/5/2023) pagi.

 

Serda M Ade Putrawan mengatakan tujuan kegiatan ini mengajak warga dalam kehidupan bermasyarakat agar mengutamakan hidup rukun baik itu beda agama, suku, dan lain sebagainya sebagaimana yang tertuang dalam nilai-nilai Pancasila dituntut menanamkan sikap toleransi antar umat beragama, bergotong royong, saling menghormati dan menghargai antar sesama.

 

“Melalui Kampung Pancasila, kita berharap menjadi contoh untuk melestarikan dan membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila walaupun kita berbeda agama, suku, ras dan golongan tetapi kita tetap satu sebagaimana tertuang dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Serda M Ade Putrawan.

 

Untuk mengingatkan segenap warga, Babinsa mengajak warga untuk menempelkan brosur yang bergambar Pancasila beserta isi dari sila Pancasila tersebut di setiap rumah seputaran Kampung Pancasila dengan tujuan supaya warga tidak lupa lagi akan Pancasila.

 

Ia mengatakan, setiap individu dalam sosial masyarakat wajib mengamalkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan, seperti budaya gotong royong, toleransi antar umat beragama, serta menumbuhkan kepedulian antar sesama.

 

“Dengan demikian, lingkungan kita pasti lebih sejuk di tengah keberagaman. Mari kita budayakan pengamalan nilai luhur Pancasila agar kehidupan di tengah masyarakat bisa lebih sejuk, rukun dan damai,” tandasnya.

 

Terkahir Babinsa mengharapkan kepada tokoh masyarakat agar selalu menjaga hubungan silahturahmi dengan aparat desa khususnya Babinsa Koramil 02/TM. “Agar apapun permasalahan di lingkungan dapat kita selesaikan dengan baik. Dan tidak menjadi semakin melebar dan menjadikan tugas Babinsa semakin ke depan semakin sukses di wilayah teritorial Koramil 02/TM,” pungkasnya.