Home Featured Peralatan Dalmas dan PHH Milik Polres Karimun Diperiksa Puslitbang Polri

Peralatan Dalmas dan PHH Milik Polres Karimun Diperiksa Puslitbang Polri

0
Peralatan Dalmas dan PHH Milik Polres Karimun Diperiksa Puslitbang Polri
Puslitbang Polri mengecek peralatan Dalmas dan PHH milik Polres Karimun, di Mapolres Karimun, Rabu (13/7)

KARIMUN – Peralatan Dalmas dan penanggulangan huru-hara (PHH) Polri milik Polres Karimun, diperiksa oleh tim pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Polri, Rabu (13/7).

Pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu tahun 2024 di Polres Karimun. Yang dipimpin langsung oleh Kabid Rikwastu Puslitbang Polri, Kombes Pol Harvin Raslin, bersama tiga orang anggota tim.

“Dalam rangka menjalankan tugas pokok dan fungsi, sesuai amanah undang-undang nomor 2 Tahun 2002, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional, termasuk pemilihan umum dan pilkada serentak di Indonesia, sehingga mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik, agar terciptanya pemilihan umum secara langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER), sebagaimana di maksud didalam undang undang dasar 1945 pasal 22 e,” kata Harvin Raslin.

Dia mengharapkan, agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur dan adil (jurdil) tanpa ada gangguan keamanan, yang dapat menghambat jalannya pemilu yang aman dan damai.

“Jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas, ini akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan pemilu pada tahun 2024 nanti,” terang Harvis Raslin lagi.

Dia juga melakukan supervisi dan penelitian Puslitbang Polri, berupa pengisian kuisioner secara online, kegiatan diikuti oleh personil Sat Samapta Polres Karimun, kemudian dilanjutkan pengecekan kendaraan baik roda dua, roda empat, dan roda enam di satuan samapta, mengecek atau memeriksa peralatan dalmas, yang hasilnya adalah semua peralatan di Polres Karimun dinyatakan dalam kondisi baik.

Oleh karena itu Harvis Raslin menjelaskan, dari pemeriksaan tersebut juga diharapkan dapat diperoleh kondisi real peralatan Dalmas dan PHH yang ada di Polres Karimun saat ini.

“Sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan, dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak tahun 2024 nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Karimun, AKBP Tony Pantano mengatakan, melalui pemeriksaan peralatan Dalmas dan PHH di Mapolres Karimun, agar nantinya dapat dijadikan tolak ukur tentang sejauh mana kesiapan kinerja Polri, khususnya di Polres Karimun dalam menghadapi agenda pemilu tahun 2024.

“Terimakasih saya ucapkan kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya dan pemikirannya, sebagai responden dalam penelitian dan supervisi yang dilakukan oleh tim Puslitbang Polri. Semoga Polres Karimun semakin profesional dalam bekerja, serta memiliki kesiapan baik dibidang SDM maupun dari segi peralatan untuk pengamanan Pemilu 2024,” ujarnya.(*)