Peringatan hari ibu ke93 di Indragiri Hilir, Riau

Inhil – Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 suasana peringatan hari Ibu ke 93 tampak meriah dan sukses dengan tema “Perempuan Indonesia berdaya untuk pemulihan ekonomi bangsa (pasca pandemi Covid-19)”, Rabu (22/12/21).

Terlihat dari antusias dan semangat anak-anak yang menunjukkan kebolehannya seperti penyampaian puisi, persembahan busana kebaya dan masih banyak lagi.

Bupati Inhil HM Wardan saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan Hari Ibu yang ke 93 dan diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan dan perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Peringatan Hari Ibu ke 93 di Inhil

Maka dari itu, peringatan Hari Ibu Indonesia bukanlah Bukan Mothers Day melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya. Hingga saat ini telah banyak kemajuan yang dirasakan perempuan namun kesetaraan ideal yang di cita-citakan belum sepenuhnya tercapai. Budaya patriarkiyang telah mengakar selam berabad-abad masih tersisa dalam kehidupan bermasyarakat. Perempuan masih menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya.

BACA :  Bupati Inhil HM Wardan Menyambut Baik Kehadiran Himpunan Advokad Indonesia DPC Inhil

“Melalui peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021, dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan. Untung itu saya mengajak baik perempuan maupun laki-laki terus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan. Karena Hari Ibu merupakan sebuah peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak, maupun lingkungan sosialnya, sekali lagi saya ucapkan selamat hari ibu Indonesia, ” kata Bupati Inhil HM Wardan

BACA :  Bupati Didampingi Wakil Melantik 5 Orang JPT Pratama Dilingkungan Pemkab Inhil

Sementara itu Ketua umum gow Kabupaten Inhil  Hj Zulaikhah Wardan mengatakan tujuan peringhatan Hari Ibu di Indonesia adalah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan dalam berbagai sektor pembangunan untuk Indonesia maju, serta mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Peringatan hari ibu di Kabupaten Inhil

“Untuk itu PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Melalui PHI diyakini perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan (agent of change),” sebutnya.

BACA :  Polres Inhil Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2022

Selain itu, Ketua umum gow Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah Wardan PHI menunjukkan perjuangan perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang.

“Keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanya langkah awal menuju cita-cita Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur. PHI merupakan momentum untuk meningkatkan peran perempuan dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya yang menggambarkan semangat nasionalisme perempuan berdaya untuk Indonesia maju,” tuturnya.(*)

Previous articleGugus Gudep Pulau Kecil Tingkatkan Kualitas Anak Melalui Pelatihan Kenaikan Penegak Bantara dan Laksana
Next articleTim Redaksi Buletin Galaksi Serahkan Penerbitan Edisi 15 ke SMPN 1 Tembilahan