Bali-Gencar-Kampanyekan-Gemar-Makan-Ikan

Kundur News – Denpasar -Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali gencar melakukan pendidikan dan kampanye agar masyarakat utamanya anak-anak lebih gemar makan ikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa ikan mengandung komposisi nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika saat menghadiri Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah (PMTAS) di Wantilan Dusun Tebola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Kamis (8/6) berkomitmen untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan GEMARIKAN. Mengingat tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali masih berada di bawah rata-rata nasional.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali baru mencapai 32 kg perkapita/tahun. Sementara rata-rata nasional telah mencapai 41 kg perkapita/tahun. Padahal, Bali memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Selain potensi alami, belakangan banyak pula jenis ikan konsumsi yang dibudidayakan. “Sehingga ikan dapat lebih mudah diperoleh dengan harganya terjangkau,”kata wanita yang juga sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali.

Ayu Pastika berharap dengan sosialisasi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang nutrisi yang terkandung pada ikan. Dengan meningkatnya pengetahuan diharapkan masyarakat lebih gemar makan ikan sehingga lambat laun menjadi budaya. ” Tentunya jenis ikan yang mudah diperoleh di pasar dengan harga terjangkau. Boleh ikan air tawar atau ikan laut,”ujar Ayu Pastika

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Ir. I Made Gunaja mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak segenap lapisan masyarakat, khususnya anak-anak agar lebih gemar makan ikan. “Karena seperti kita ketahui, ikan mengandung komposisi nutrisi yang sangat baik bagi kecerdasan, kesehatan dan pertumbuhan anak,” jelas Gunaja.

Gunaja menambahkan, tahun ini pihaknya memilih wilayah pegunungan sebagai lokasi pelaksanaan GEMARIKAN. “Kita ingin sosialisasikan gerakan gemar makan ikan dari wilayah pesisir hingga pegunungan. Saya berharap ikan juga mudah ditemukan di pasar-pasar wilayah pegunungan,” papar Gunaja.*