Presiden-Jokowi-Resmikan-Museum-Kontemporer-Indonesia

Kundur News – Denpasar – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Museum Kontemporer Indonesia di Museum Nyoman Gunarsa, Jumat (4/8). Peresmian museum yang berlokasi di Dusun Banda, Desa Takmung, Banjarangkan, Klungkung, ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Presiden Joko Widodo yang dalam kesempatan tersebut didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengapresiasi atas dibukanya Museum Kontemporer tersebut. Menurut Jokowi, hasil karya dari seniman Nyoman Gunarsa memiliki ciri khas. Dirinyapun tak ragu mengakui kekagumannya bahkan menyukai hasil-hasil kaya sang maestro.

“Beberapa waktu yang lalu saya mengundang Pak Nyoman Gunarsa ke Istana (Istana Negara-red). Saat itu beliau menunjukkan lukisan Saya sedang minum jamu (Jokowi Minum Jamu). Ternyata beliau tau kalau Saya suka minum jamu,” ujar Jokowi sambil tertawa.

Ia berharap kedepan agar museum-museum yang ada seperti halnya Museum Gunarsa, dapat lebih diperhatiakan agar keberlangsungannya bisa terjamin. Karena menurut Jokowi, Museum merupakan kekayaan yang tidak ternilai sehingga harus dijaga bersama. “Museum ini tidak ternilai, mari kita jaga bersama,” tegas Jokowi.

Usai menandatangani prasasti Museum Seni Lukis Kontemporer Indonesia, Presiden Jokowi sempat melihat-lihat koleksi lukisan museum dipandu sang maestro seni lukis klasik, Nyoman Gunarsa serta menyaksikan pementasan tari rejang renteng.

Sebelum meninggalkan museum, Presiden Jokowi sempat menyapa warga yang sudah menunggunya  sejak siang didepan pintu gerbang museum Nyoman Gunarsa. Selain berjabat tangan, Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut juga membagikan buku kapada siswa dan warga yang hadir.*