Ribuan Calon Peserta Didik SPN Tanjungbatu Mulai Ikuti Tahapan Seleksi, Jalani Penandatanganan Pakta Integritas

BATAM – Ribuan calon peserta SPN Tanjungbatu Polda Kepri mulai mengikuti tahapan seleksi, sehingga pada Jumat pagi (13/4) ada 1200 calon peserta menghadiri kegiatan penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia, orang tua wali calon siswa seleksi penerimaan terpadu anggota Polri tahun 2018, yang berlangsung di GOR Tumenggung Abdul Jamal – Batam.

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi mengatakan, sampai saat ini belum ditetapkan berapa total jumlah peserta didik yang akan diterima. Termasuk kuota bagi peserta didik khusus Provinsi Kepri.

“Saat ini total seluruh calon peserta baik tamtama, bintara maupun taruna sebanyak 1200 orang,” kata Didid yang juga sebagai ketua panitia penerimaan calon peserta didik SPN Polda Kepri itu.

Dia pun menegaskan dalam penerimaan calon anggota Polri tahun 2018 di SPN Tanjungbatu Polda Kepri, sama seperti tahun sebelumnya tidak dipungut bayaran alias gratis. Oleh karena itu jangan ada yang bermain dalam hal ini, baik panitia maupun para orang tua wali calon peserta didik.

“Kita memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra daerah untuk bersaing menjadi anggota Polri,” kata Didid.

Didi juga mengatakan, penerimaan calon anggota Polri baik Akpol, Tamtama maupun Bintara akan dilakukan seleksi yang semakin baik, transparan maupun akuntable.

“Kepada para calon peserta ikutilah seleksi ini dengan baik, tidak ada lagi telpon-telepon panitia, baik langsung, maupun tidak. Polda Kepri juga mengajak masyarakat, untuk bersama-sama mengawasi penerimaan calon anggota Polri. Untuk itu dalam hal ini kami juga mengikutsertakan sejumlah elemen masyarakat dalam kepanitiaan. Seperti dari Uniba, LSM dan Universitas lainnya,” tutup Didid.

Dalam penandatanganan pakta integritas tersebut, baru diikuti oleh calon peserta dari wilayah Kota Batam. Sedangkan calon peserta di pulau-pulau termasuk Karimun baru akan diikuti pada Sabtu besok (14/3). Dengan demikian total calon peserta yang mengikuti seleksi diperkirakan lebih dari 2000 orang.(*)