Samsung-Akan-Kenalkan-Galaxy-X,-Smartphone-Lipat-Seperti-Kertas
Samsung

Samsung akan segera meluncurkan Galaxy X, smartphone lipat pertama dari Samsung yang memiliki dua layar OLED berukuran 3,5 inci, seperti kertas dan dapat dilipat serta dibentangkan, hingga ukuran layar tersebut menjadi dua kali lipat, berukuran 7 inci.

Smartphone yang diberi nama  Galaxy X ini akan diperkenalkan pada awal tahun 2019 mendatang, tepatnya saat gelaran Mobile World Conggress (MWC) 2019, menurut surat kabar Korea Selatan, The Bell.

Mengingat smartphone lipat ini akan hadir di ajang MWC 2019, maka peluncuran untuk seri Galaxy S dikabarkan mengalami pergeseran waktu.

Untuk Galaxy S10 yang akan diperkenalkan mulai awal Oktober tahun ini, juga perkenalan kembali dilakukan pada ajang Consumer Electronics Show 2019, agar masing-masing produk mendapatkan perhatian yang sama, seperti dikutip dari BGR, Minggu (6/5/2018).

Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung DJ Koh dalam wawancarannya dengan CNET usai gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, menyebutkan,”saya yakin Samsung akan memberikan pengalaman terbaik saat meluncurkan kategori baru,” tuturnya, seperti dikutip dari CNET, Senin (26/2/2018).

Koh mengatakan, smartphone lipat direncanakan ada dalam portofolio pada 2018. Namun, hingga saat ini belum ada laporan baru, ada kemungkinan perusahaan merivisi rencana itu.

Perusahaan asal Korea Selatan itu memang sejak lama dikabarkan akan meluncurkan smartphone lipat. Bahkan, rumor seputar perangkat ini sempat beberapa kali muncul di sejumlah media.

Sejumlah sumber dari kalangan industri layar menyebutkan Samsung Display telah berhasil mengembangkan panel yang dapat dilipat dengan kelengkungan 1.0R. Artinya, panel tersebut bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas.

Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu sendiri sudah memiliki berbagai paten teknologi yang berkaitan dengan smartphone lipat.