sisa-uang-rapat-rp-16-triliun-dipakai-jokowi-buat-pembangunanMenteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pemangkasan perjalanan dinas dan rapat telah memberikan napas terhadap anggaran pemerintah. Dana tersebut merupakan bagian dari pemotongan subsidi yang sudah dilakukan pemerintah.

“Itu adalah bagian yang akan digabungkan ke (pemotongan) subsidi,” ungkap Bambang di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (24/11).

Namun, Bambang membantah sisa dana tersebut bakal dibagikan ke pemerintah daerah, melainkan akan dipakai sebagai tambahan biaya pembangunan infrastruktur.

“Enggak (ke daerah), ke infrastruktur,” tutupnya singkat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah berupaya melakukan efisiensi anggaran. Salah satunya, dia memotong anggaran dinas dan rapat yang digunakan kementerian dan lembaga negara.

Pemotongan tersebut terpaksa dilakukan mengingat terdapat sejumlah proyek penting akan dilaksanakan mulai 2015. Maka, dibutuhkan dana segar agar pembangunan tidak mangkrak.

“Kita sampaikan bahwa anggaran 2015 yang kira-kira bisa dipotong karena terlalu tidak efisien. Saya beri contoh, anggaran dinas dan anggaran rapat-rapat Rp 41 triliun. Saya perintahkan untuk potong Rp 25 triliun. Stop. Cukup Rp 25 triliun,” tegas Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (24/11).(merdeka.com)http://www.merdeka.com/peristiwa/sisa-uang-rapat-rp-16-triliun-dipakai-jokowi-buat-pembangunan.html