SMKN Kundur Utara Wakili Kepri Dalam Ajang FLS2N Cipta Lagu Nasional

Tanjungberlian – M. Farryzuan Sapriyan, siswa kelas X jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri Kundur Utara berhasil menyabet predikat Terbaik I Cabang Lomba Cipta Lagu Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tingkat Provinsi Kepri yang diumumkan pada Rabu 5 Juli lalu.

Prestasi ini tentu saja membanggakan SMK Negeri Kundur Utara dan Kabupaten Karimun. Hal ini dikarenakan ia adalah satu-satunya perwakilan Kabupaten Karimun, yang akan mewakili Provinsi Kepri bersama peserta terbaik I di 7 cabang lomba lainnya. Mereka akan berlaga kembali di ajang FLS2N SMK tingkat Nasional, dan berhadapan dengan peserta perwakilan seluruh Provinsi di Indonesia.

“Saya bangga bisa berkarya untuk mengangkat nama sekolah dan daerah. Saya masih perlu belajar banyak, mohon doakan di tingkat Nasional ini bisa membanggakan Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun khususnya”, ujarnya.

Guru pembimbing SMKN Kundur Utara, Delvi mengatakan FLS2N SMK tahun 2023 ini melewati beberapa tahapan seleksi. Sejak Juni hingga Juli proses seleksi karya di tingkat Kabupaten dan Provinsi, lalu dipilih 1 terbaik yang akan mewakili ke tingkat Nasional. Sedangkan untuk tingkat Nasional dilaksanakan dalam 2 tahap, Semifinal dan Final Nasional yang akan dilaksanakan Juli hingga Agustus ini.

“Nanti kalau tembus ke final Nasional, peserta langsung menciptakan lagu di depan dewan juri sesuai tema yang diberikan. Mohon doanya, semoga anak kita bisa memberikan hasil terbaik di kancah Nasional”, tambah Delvi.

Senada dengan guru pembimbing, pelatih khusus Cipta Lagu, Harja mengatakan lagu yang diciptakan oleh peserta didik tersebut mengangkat tema semangat pemuda Melayu khususnya di wilayah Kundur Utara. “Lagu itu diberi judul Takkan Melayu Hilang di Bumi, sejak awal kami bimbing anak ini sudah punya ide dan gagasan yang bagus. Kami membantu untuk memoles komposisi, aransemen, dan mendampingi proses recording hingga karya selesai. Selebihnya anak yang berkreasi, termasuk dalam pembuatan lirik, vokal dan musiknya”, ujar Harja.

Satu-Satunya Perwakilan Karimun

Dari 8 cabang lomba FLS2N SMK tingkat Provinsi Kepri, seluruh juara didominasi oleh Kota Batam yang meraih Terbaik 1 di 4 cabang lomba, dan Kabupaten Bintan Terbaik 1 di 3 cabang lomba, sedangkan Kabupaten Karimun hanya mendapatkan Terbaik 1 di cabang lomba Cipta Lagu. Perwakilan Karimun lainnya yaitu SMKN 2 Karimun, berhasil meraih Terbaik 2 di cabang lomba Kriya.(*)

Previous articleWakil Ketua II DPRD Karimun, Rasno, Gelar Reses Jaring Aspirasi Masyarakat
Next articleDandim 0314/Inhil Hadiri Apel Gelar Pasukan Oprasi Patuh Lancang kuning di Mapolres