Sulit Bangun Tidur? Atasi dengan 7 Cara Sederhana Berikut Ini

source : Tribunnews

Adakah yang masih mengalami masalah dimana sulit sekali untuk bangun di pagi hari? Jika anda adalah salah satu diantaranya, maka teruskanlah untuk mebaca artikel ini hingga selesai. Masalah sulit bangun pagi di picu oleh kebiasaan buruk atau bahkan beragam faktor lainnya. Namun, kami telah menyiapkan 7 rangkaian cara otomatis yang bisa dengan perlahan mengubah kebiasaan buruk anda tersebut.

1. Perhatikan Penyebab

Ada banayk yang menyebabkan seseorang susah bangun di pagi hari, entah itu karena jam tidur yang tidak cukup, masalah kesehatan dan menggunakan makanan atau minuman yang menyebabkan mata selalu “terjaga” semalaman. Jadi, sebelum anda menyalahkan diri sendiri, ada baiknya kenali penyebab tersebut terlebih dahulu.

2. Jauhkan Alarm Dari Kasur

Kebiasaan mematikan alaram secara refleks ketika masih mengantuk bagi pengguna alarm ini bisa di siasati dengan menjauhkan nya dari tempat tidur. Jadi anda tidak bisa secara refleks mematikan alarm tanpa bangun dan melanjutkan tidur nyenyak tersebut.

3. Sediakan Segelas Air

Menyediakan segelas air di kamar adalah hal yang baik, meminum segelas air ketika bangun adalah kebiasaan sehat yang dianjurkan. jadi cobalah untuk selalu menyediakan segelas air ketika anda hendak tidur di malam hari. Ini akan mebuat anda yang baru bangun bisa dengan mudah mengkonsumsi nya dan mendapatkan efek baik.

4. Jauhi Minuman Energi, Alkohol dan Caffein

Kita tahu, bahwa sangat nikmat rasanya menghabiskan malam dengan segelas kopi maupun sereal berenergi. Namun, ini akan menyebabkan adanya gangguan tidur bagi sebagian orang. Efek minuman-minuman tersebut dapat mengganggu jam tidur anda dan bahkan memaksa jantung berkerja lebih keras dan menyebabkan mata sulit untuk terpejam.

5. Makan Makanan Bergizi

Anda harus tahu bahwa terkadang sulit bangun di pagi hari adalah cara tubuh untuk “memberitahukan” kepada anda bahwa ada sesuatu yang salah. Bisa jadi ini adalah indikator anda kekurangan gizi dan memerlukan asupan gizi serta suplemen kesehatan tertentu. Jadi coba ubah pola makan dan diet anda. Makanlah makanan bergizi yang sehat.

6. Olahraga

Jika sekiranya anda sangat malas untuk bergerak setelah bangun di pagi hari maka cobalah untuk menggerakkan sedikit badan anda. Tidak harus olah raga berat, anda bisa menggerakkan kaki dengan gerakan mengyuh sepeda. Atau penggerakan tangan seperti hendak melakukan latihan tinju dan gerakan ringan lainnya. Ini akan memaksimalkan aliran darah dan mebuat anda memicu otak hingga anda lebih siaga dan mudah untuk bangun.

7. Motivasi

Temukan alasan mengapa anda harus bangun pagi dan tanamkan di dalam fikiran anda apa yang akan terjadi jika anda tidak melakukan nya. Konsisten terhadap diri sendiri adalah kunci dari keberhasilan metode ini.

Dengan menggunakan 7 langkah diatas anda bisa secara perlahan merubah kebiasaan sulit bangun pagi tersebut.*