ternyata-teh-hijau-dapat-turunkan-resiko-kanker-prostat

 

 

+

+

Kanker prostat adalah jenis penyakit yang lebih sering menyrang. Namun jangan khawatir, sebab menurut penelitian terbaru, hal tersebut bisa dicegah dengan cara yang cukup sederhana.

Menurut lansiran dari Science Dailey (28/05), penelitian yang dipimpin oleh Nagi B. Kumar, PH.D., RD, FADA di Moffit Cancer Center, baru-baru ini menemukan bahwa teh hijau mampu mengatasi resiko kanker prostat.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa zat dalam teh hijau bernama ‘catechin’, yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, catechin juga mencegah pertumbuhan tumor. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) merupakan kandungan yang paling banyak dan ampuh di dalam catechin teh hijau dan bertanggung jawab pada efek pencegahan kanker prostat.

Para peneliti membandingkan Polyphenon E di 49 laki-laki dengan tablet plasebo di 48 pria selama periode pengobatan 1 tahun. Secara keseluruhan, perbedaan jumlah kasus kanker prostat pada akhir 1 tahun antara kedua kelompok perlakuan secara statistik tidak signifikan.

Selain itu, pria dengan Polyphenon E memiliki penurunan yang signifikan dalam antigen (PSA) tingkat spesifik prostat. PSA sendiri adalah biomarker yang dikombinasikan dengan faktor risiko lain yang digunakan untuk pasien kanker prostat. Dengan menggunakan EGCG, para peneliti mengakui adanya peningkatan signifikan pada pasien.

+

+