Unpad Jadi Primadona di SNMPTN

Kundur news.

Setiap tahun, beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi incaran utama calon mahasiswa. Bahkan, dalam berbagai seleksi penerimaan mahasiswa baru, peminat kampus tersebut membeludak sampai puluhan ribu orang.

Pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), misalnya, Universitas Padjajaran (Unpad) selalu menjadi primadona siswa SMA/sederajat sebagai tempat kuliah. Setiap tahun, puluhan ribu calon mahasiswa mendaftar ke kampus di kawasan Jatinangor, Sumedang, tersebut. Bahkan pada SNMPTN 2015, Unpad menduduki posisi pertama sebagai perguruan tinggi yang paling banyak diminati. Sebanyak 74.159 calon mahasiswa dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri melalui jalur undangan tersebut.

Posisi Unpad berada di atas Universitas Gajah Mada (UGM). Kampus kebanggaan Yogyakarta itu hanya berhasil menarik 66.748 calon peserta pada jalur SNMPTN. Selain Unpad dan UGM, PTN di Jawa yang sering menjadi favorit calon mahasiswa adalah Universitas Brawijaya (64.653 pendaftar), Universitas Diponegoro (58.789 pendaftar), Universitas Negeri Semarang (52.121 pendaftar), Universitas Pendidikan Indonesia (51.748 pendaftar), Universitas Sebelas Maret (50.673 pendaftar) dan Universitas Negeri Yogyakarta (45.690 pendaftar).

Sementara itu, PTN di luar Jawa yang juga berhasil menarik banyak peserta untuk mendaftar di jalur SNMPTN adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Unhas dipilih 47.463 peserta, sedangkan USU diminati 61.464 calon mahasiswa.

Pendaftaran SNMPTN 2016 sendiri akan ditutup pada hari ini. Siswa SMA/sederajat harus segera mendaftarkan diri sebelum pukul 22.00 WIB jika ingin dipertimbangkan sebagai calon mahasiswa PTN melalui jalur undangan tersebut.

 

(OkeZone)

Previous articleIni Manfaat Vaksinasi Polio
Next article5 Mobil Mewah Berikut Ini Anti Teror