Tanjungbatu – Lembaga Adat Melayu Kepulauan Riau (LAMKR) Kecamatan Kundur dan Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Kecamatan Kundur, Selasa Malam (26-05-2015), secara resmi di kukuhkan oleh Wakil Bupati Karimun H. Aunur Rafiq. di Balai Pemuda Seni dan Budaya Tanjungbatu. Pengukuhan ditandai dengan penyematan selimpang, pemasangan tanjak serta penyerahan Keris dan dilanjutkan dengan prosesi tepuk tepung tawar yang diiring dengan lantunan serakalan.

H Azali Samad, Kepengurusan LAM periode 2015-2020, menggantikan kepengurusan sebelummnya, sedangkan Datuk Kawasan dijabat oleh Sukari (Camat Kundur).
H. Aunur Rafiq yang saat ini menyandang gelar Datuk Timbalan Setia Amanah Negeri, dalam sambutannya mengatakan, “Melalui LAMKR, hendaknya dapat menjaga tradisi dan adat istiadat Melayu yang menjadi warisan budaya luhur. Tugas dan peran Datuk Kawasan dan Ketua LAM semakin berat dan banyak rintangan. Dan kita berharap mereka dan pera Pengurus lainnya dapat menjalankan amanah ini dan bekrja sama dalam kemajuan daerah Karimun khususnya Pulau Kundur,” tegas Rafiq.

“lembaga adat adalah bagian dari aset bangsa yang harus kita jaga, sebab pemerintah pusat bersama DPR juga memberikan kesempatan bagi daerah untuk memelihara kearifan lokal. Dengan dikukuhkannya LAMKR Kecamatan Kundur dan RMB Kecamatan Kundur termasuk pangkuan adatnya, maka adat dan budaya harus dijunjung tinggi dimana daerah kita tinggal, dan juga menjadi perekat bagi bangsa Indonesia, adat merupakan khazanah bangsa yang harus kita pelihara”.

Sementara Ketua LAMKR Kecamatan Kundur H. Azali Samad mengatakan kepengurusan LAM yang baru ini diharapkan mampu menjalin hubungan antara organisasi dan organisasi agar tercipta kerjasama dan saling mendukung satu sama lainnya. Dan Dengan adanya LAMKR kiranya menjadi tempat aspirasi bagi masyarakat Kundur.

“Kami berharap kepada semua pihak agar dapat bekerjasama, dan saya pun berharap kepada pengurus yang lama agar dapat memberikan masukan dan saran kepada kepengurusan yang baru ini,” . Kate Azali Samad.

Ard

Klik disini ! Untuk Lihat Foto-Fotonya