wapres-jk-tegaskan-indonesia-tidak-berniat-cari-utang-ke-imf

 

 

+

+

+

 

 
Direktur Operasional Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF), Christine Lagarde berencana mengunjungi Indonesia pekan depan.

Rencananya, Lagarde akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo pada 1 dan 2 September 2015.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, agenda pembicaraan antara pemerintah dengan Lagarde tidak berkaitan dengan persoalan utang. Jusuf Kalla menegaskan, pembicaraan dengan Lagarde hanya sebatas perkembangan ekonomi dunia.

“Tidak (tidak bicara soal utang). IMF itu ingin melihat kondisi ekonomi Asia ini, termasuk Indonesia. Kita akan diskusi lah bagaimana ekonomi dunia. Jangan lupa ekonomi ini kan akibat ekonomi dunia susah. Ya jadi kita ingin diskusi bagaimana ekonomi dunia ini,” kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (31/8).

Wapres menjelaskan, pemberian utang dari lembaga mana pun, termasuk IMF, selalu didahului permintaan dari negara yang bersangkutan. Dan JK menegaskan, hingga saat ini tidak ada pengajuan utang dari pemerintah Indonesia kepada IMF.

“Ya kalau kita tidak minta, bagaimana menyalurkannya? Utang itu diminta dulu. Kalau tidak diminta macam mana? Enggak lah, kita tidak minta ke IMF,” tutup JK.

+
Sumber : Merdeka.com