Home Kepri Anambas Ansar Ahmad Buka MTQ Provinsi Kepri ke IX Tahun 2022 di Anambas

Ansar Ahmad Buka MTQ Provinsi Kepri ke IX Tahun 2022 di Anambas

0
Ansar Ahmad Buka MTQ Provinsi Kepri ke IX Tahun 2022 di Anambas
Wabup Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piala bergilir kepada Gubernur kepri Ansar Ahmad,sebagai kafilah juara umum MTQ tahun 2021 lalu, untuk kembali diperebutkan pada MTQ Provinsi Kepri tahun 2022 ini di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (14/7)

ANAMBAS – Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepri ke-IX, di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (14/7), ditandai dengan pemukulan kompang dan diikuti para Kepala Daerah Kabupaten Kota serta jajaran Forkompimda Kepri.

Dalam sambutannya Ansar Ahmad mengatakan Al-Quran merupakan kalamullah yang berisi pesan-pesan Allah kepada umat manusia. Dengan Al-Quran kita bisa mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Serta bisa mengetahui jalan kehidupan yang benar.

Oleh karena itu kata Ansar Ahmad, mari kita jadikan Al-Quran dan seluruh sistem ajarannya, menjadi sumber utama pembentukan akhlak mulia bagi manusia.

“Kita berharap dengan pelaksanaan kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Kepri ke IX tahun 2022 ini, dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Provinsi Kepulauan Riau,” katanya.

Menurut Ansar Ahmad, tantangan kedepan yang kita hadapi salah satu permasalahannya ialah, bagaimana mempersiapkan generasi bangsa dan umat yang lebih tangguh, kompetitif dan lebih produktif. Yakni generasi yang hidup dibawah bayang-bayang Al-Quran. Generasi mendatang pasti akan hidup di dalam lingkungan sosial budaya yang amat berbeda dengan sekarang.

“Mempersiapkan generasi umat masa depan merupakan suatu keniscayaan. Sudah saatnya kita memikirkan peta jalan generasi seperti apa yang akan kita harapkan di masa depan,” ucap Ansar Ahmad lagi.

Dia juga berharap, melalui MTQ Provinsi Kepri ke-IX ini dapat melahirkan qari dan qari’ah serta hafizh dan hafizhah, maupun para mufassirah dengan prestasi yang lebih unggul dan berkualitas. Sehingga dapat menjadi duta Provinsi Kepulauan Riau pada MTQ Tingkat Nasional ke XXIX tahun 2022, yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Karena itu saya mengajak segenap masyarakat untuk mensukseskan penyelenggaraan MTQ Provinsi Kepri ke IX ini,” ajaknya.

Adapun cabang yang diperlombakan dalam MTQ Provinsi Kepri ke-IX yaitu, cabang seni baca Al-Quran glongan tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, cabang seni baca Al-Quran golongan tartil anak-anak dan golongan tilawah tuna netra, cabang qira’at Al-Quran golongan qira’at mujawwad dewasa, qira’at muratal remaja dan dewasa, cabang hafalan Al-Quran golongan 1 juz dengan tilawah dan golongan 5 juz dengan tilawah.

Selanjutnya cabang hafalan Al-Quran 10 juz dan 20 juz, cabang hafalan Al-Quran golongan 30 juz, cabang tafsir Al-Quran, cabang fahm Al-Quran, cabang syarh Al-Quran, cabang khat Al-Quran, cabang karya tulis Al-Quran.

Dalam pembukaan tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piala bergilir sebagai juara umum MTQ Provinsi Kepri pada tahun sebelumnya, sehingga diterima oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, untuk kemudian piala tersebut akan diperebutkan setiap kafilah untuk menjadi juara umum pada MTQ tahun 2022 ini.(*)