Home Riau INHIL Antisipasi Karhutla di Wilayah Binaan, Babinsa Agusmi Harianto Laksanakan Patroli Bersama Warga Setempat  

Antisipasi Karhutla di Wilayah Binaan, Babinsa Agusmi Harianto Laksanakan Patroli Bersama Warga Setempat  

0
Antisipasi Karhutla di Wilayah Binaan, Babinsa Agusmi Harianto Laksanakan Patroli Bersama Warga Setempat  

Tanah Merah– Sersan dua (Serda) Agusmi Harianto Bintara Pembina Desa (Babinsa) komando Rayon Militer (Koramil) 02/TM, kodim 0314/Inhil melakukan Patroli menyasar perkebunan masyarakat yang di anggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Tanjung Baru, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Selasa (3/1/2023) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda Agusmi Harianto mengatakan, bahwa kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar dapat mencegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan masyarakat.

 

“Iya saya hari ini melakukan patroli bersama 4 orang warga desa Tanjung Baru dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran, dan memastikan tidak adanya kabakaran di daerah desa binaan, dan melaporkan ke komandan Koramil sebagai hasil laporan setiap hari,” ujarnya.

 

Selain patroli Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak saat membuka lahan tidak dilakukan dengan cara membakar lahan-lahan pertanian, sehingga dapat menimbulkan dampak pencemaran udara.

 

‘Iya kalau ketemu masyarakat saat kita melaksanakan patroli, kita berikan Himbauan ataupun sosialisasi kepada mereka, biar mereka paham kalau membuka lahan dengan cara dibakar sangat tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

 

Kendati demikian Serda Agusmi Harianto berharap kepada masyarakat dapat berkerjasama, sehingga dapat mencegah dini kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan terjadinya kebakaran.

 

Terakhir dikatakan Serda Agusmi Harianto dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut di desa Tanjung Baru, tidak ada ditemukan titik api dan asap.

 

“Alhamdulillah dari kita pantau tempat-tempat yang sering terjadi kebakaran lahan masyarakat di sini tidak ada kita temukan titik hotspot, dari hasilnya nihil,” tutup Serda Agusmi Harianto babinsa Koramil 02/TM.