Home Riau INHIL Babinsa Koramil 02/TM Serda M Pasaribu Giat Patroli Antisipasi Karhutla di Pusaran 8 

Babinsa Koramil 02/TM Serda M Pasaribu Giat Patroli Antisipasi Karhutla di Pusaran 8 

0
Babinsa Koramil 02/TM Serda M Pasaribu Giat Patroli Antisipasi Karhutla di Pusaran 8 

Enok – Upaya Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Marhalim Pasaribu untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus berlanjut, kegiatan patroli Karhutla tersebut dilaksanakan di Pusran 8, kelurahan Pusaran, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (12/11/2022) pagi.

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla.” jelas Serda Marhalim Pasaribu.

Sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah.

Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan.

Serda Marhalim Pasaribu juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli.

“Iya kita bersama 4 warga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar, karena bisa merusak lingkungan udara,” pungkasnya.

Terkahir Serda Marhalim Pasaribu. Dari hasil peninjauan patroli Karhutla di daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan kita temui tidak ada titik api dan asap hasilnya nihil.

“Syukur kita melaksanakan patroli dan sosialisasi Karlahut di wilayah Pusaran 8 tidak ada kita temukan titik Hotspot hasilnya nihil,” tutup Serda Marhalim Pasaribu.