Kateman — Tanpa lelah untuk memastikan wilayah binaan agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bintara Pembina Desa (Babinsa) anggota komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman, Serda Lendi Piter Sirimba melaksanakan kegiatan patroli bersama warga.

 

Dikatakan Babinsa desa Air Tawar Serda Lendi Piter Sirimba, kegiatan patroli Karhutla kali ini bersama dengan masyarakat binaan bertempat di desa Air Tawar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), pada Sabtu (8/4/2023) pagi.

 

“Hari ini saya bersama-sama dengan masyarakat untuk melakukan patroli dan Sosialisasi Karhutla, untuk memastikan wilayah desa Air Tawar tidak ada terjadinya kebakaran lahan pertanian maupun perkebunan masyarakat,” jelas Serda Lendi Piter Sirimba kepada awak media.

 

Dia juga mengatakan bahwa, patroli merupakan salah upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran, karena langsung turun ke lokasi baik Perkebunan maupun hutan-hutan yang dianggap paling rawan terjadinya Kebakaran.

 

“Dengan kita turun langsung menyisir tempat-tempat yang rawan terjadinya Karhutla, jelas sangat efektif karena mengetahui langsung kondisi wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran,” tandasnya.

 

Selain itu juga, Serda Lendi Piter Sirimba memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membakar lahan dengan cara disengaja untuk membuka lahan-lahan pertanian baru.

 

“Pemahaman agar tidak membuka lahan-lahan pertanian dengan cara membakar kepada masyarakat itu penting. Karena sebagian besar masyarakat tidak paham, dan masih mengikuti gaya lama main bakar saja sehingga cepat bisa digunakan lahan tersebut untuk bercocok tanam, itulah harus sering-sering memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga mereka tau bahwa mambakar sangat dilarang keras oleh pemerintah,” pungkasnya.