Anggota Polsek Kuba dan relawan HIMK usai membagi-bagikan masker di tugu nenas Tanjungberlian
Anggota Polsek Kuba dan relawan HIMK usai membagi-bagikan masker di tugu Nenas Tanjungberlian, Ahad (19/04/2020).

Karimun – Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Tanjungpinang, Bintan menggelar bakti sosial bersama Polsek Kundur, Polsek Kundur Barat, Koramil 03 Kundur, Pol PP dan tenaga kesehatan setempat, berupa bagi-bagi masker kepada masyarakat pulau Kundur, yang masih belum juga mengenakan masker saat beraktivitas diluar, seperi diwilayah Tanjungbatu, Sawang, dan Tanjungberlian Kundur Utara, Ahad (19/04/2020).

Ketua HIMK, Hamdi, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif bidang Kesehatan Masyarakat (KesMas) HIMK, sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam memutus mata rantai covid-19.

BACA :  Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Tanjungpinang - Bintan Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan

“Sesuai anjuran pemerintah, sampai hari ini masih banyak kita lihat masyarakat yang tidak menggunakan masker, karena itu perlu dalam upaya mencegah penularan virus corona. Maka kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya pencegahan diri dari virus corona atau covid-19,” kata Hamdi.

Kata Hamdi, target pembagian masker adalah mereka sebagai pedagang, tukang parkir, buruh pelabuhan dan masyarakat lain yang membutuhkannya.

“Ada sekitar 600 masker yang dibagikan kepada masyarakat yang kami peroleh dari kolektif dan donasi pengurus HIMK, bantuan dari pihak kecamatan dan puskesmas yang tentunya sangat berharga dalam upaya pemutusan rantai persebaran virus corona,” kata dia.

BACA :  Audiensi HIMK Tanjungpinang-Bintan Terkait Pembangunan di Pulau Kundur
Anggota Koramil 03 Kundur saat mengenakan masker kepada pengendara
Anggota Koramil 03 Kundur yang tergabung dalam relawan HIMK, saat mengenakan masker kepada pengendara yang belum juga mengenakan masker, Ahad (19/04/2020).

Kepala bidang KesMas HIMK, Gebi, berujar, selain masker, HIMK juga memberikan brosur tentang cara mencegah diri dari penularan virus corona. Menurutnya hal itu penting dilakukan sebagai media edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat seperti sering mencuci tangan setelah beraktivitas diluar dan sebelum makan serta fungsi menggunakan masker ketika bepergian,” ujar Gebi.

BACA :  Audiensi HIMK Tanjungpinang-Bintan Terkait Pembangunan di Pulau Kundur

Dengan kegiatan tersebut, HIMK berharap agar kesadaran masyarakat bisa tumbuh seiring dengan upaya sosialisasi dan pendisplinan yang harus terus dilakukan baik oleh pemerintah, lembaga kesehatan dan keamanan maupun para relawan yang bekerja bersama dalam menghentikan penyebaran virus corona. Karena hanya dengan kerja sama dari seluruh masyarakat masalah covid-19 dapat dienyahkan dari lingkungan kita.*