Teluk Belengkong — Dalam rangka pencegahan terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) Babinsa Koramil 06/Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil, Praka Fiki Putra melaksanakan sosialisasi patroli Karlahut di desa Beringin Mulya, Kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir. Sabtu (01/04/2023) pagi.

 

Saat dikonfirmasi awak media Praka Fiki Putra mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi patroli Karlahut bersama 2 warga peduli api (MPA), ini merupakan tindakan dini kepada masyarakat sehingga antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan di tempat rawan terjadinya kebakaran dapat terhindar.

 

“Iya kita memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membuka lahan dengan cara dibakar, karena itu sudah melanggar hukum, jadi kita selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat,” jelas Praka Fiki Putra.

 

Ia juga mengungkapkan kegiatan sosialisasi patroli Karhutla bersama warga akan terus menerus dilakukan, sehingga tidak terjadi kebakaran di wilayah binaan desa Beringin Mulya, di tempat- tempat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

 

“Kita pasang tanda warning di wilayah-wilayah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga dapat kita pemantauan patroli titik api dan asap,” pungkasnya.

 

Dalam kegiatan sosialisasi patroli Karlahut bersama 2 warga dikatakan Praka Fiki Putra di Desa Binaan tidak ada terpantau titik api dan asap (Hotspot) hasilnya nihil.

 

“Perintah untuk melaksanakan patroli ke wilayah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sudah dilaksanakan setiap hari, bahkan Babinsa sebagai petugas terdepan wajib melaporkan terkait adanya titik api dan asap,” tutupnya.