biar-1000-bambang-ditangkap-pemberantasan-korupsi-takkan-tiarap

 

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditetapkan sebagai tersangka kasus saksi palsu di sidang perselisihan Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi tahun 2010. Polri menyatakan penangkapan Bambang sudah memenuhi prosedur hukum pemeriksaan.

Bambang dikenakan Pasal 242 juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. “Ancamannya 7 tahun kurungan penjara dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik,” Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/1).

Beberapa jam setelah penangkapan Bambang Widjojanto ditentang oleh sejumlah pegiat anti korupsi. Salah satunya seperti yang dilakukan Koalisi Masyarakat Sipil Anti korupsi yang menggelar aksi unjuk rasa di pelataran gedung KPK yang menentang aksi Polri tersebut.

Sementara itu, gerakan yang meminta menghentikan pelumpuhan KPK membuat petisi di www.change.org. Petisi ‘#BebaskanBW, hentikan pelumpuhan KPK! #SaveKPK’ mendesak Presiden Joko Widodo dan Plt Kapolri Komisaris Jenderal Pol Badrodin Haiti untuk segera melepaskan Bambang Widjojanto.

Hingga Jumat (23/1) pukul 19.30 WIB, petisi yang dibuat oleh akun John Muhammad tersebut telah ditandatangi 8.585 pendukung.

Berikut isi petisi tersebut.

Pak Bambang Widjojanto, wakil ketua KPK sedang mengantar anaknya sekolah saat polisi Bareskrim menangkapnya dan membawanya ke Mabes Polri.

Tuduhannya? Sebuah kasus pilkada di Kalimantan dari 5 tahun yang lalu, yang sebenarnya sudah ditarik, tapi dilaporkan kembali. Akhirnya kita tahu dari media, yang melaporkan adalah politisi PDIP.

Belum lama juga Ketua KPK Abraham Samad diserang melalui isu Pilpres.

Kedengarannya familiar ya? Tahun 2012, penyidik KPK Novel Baswedan juga diperlakukan yang sama. Tapi kali ini bukan penyidik, melainkan Wakil Ketuanya langsung!

Malah saya lihat di TV beliau sampai di borgol segala! Saya dan kamu tahu, Pak BW bukan teroris. Terlihat sekali ingin menyerang karakternya.

Teman-teman, ini bukan lagi pelemahan KPK, tapi pelumpuhan! Ironisnya hal ini karena KPK dengan efektif melakukan pemberantasan korupsi. Terakhir dengan menetapkan calon Kapolri Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka korupsi.

Saya ajak kamu bersuara dengan kami, mendorong Presiden Jokowi dan Kapolri Badrodin Haiti, untuk segera lepaskan Pak BW!

Kata orang ‘Biar 1000 Bambang ditangkap, pemberantasan korupsi takkan tiarap!’.

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/peristiwa/biar-1000-bambang-ditangkap-pemberantasan-korupsi-takkan-tiarap.html