Home Gallery Foto Bupati HM Wardan Diwakili Sekda Buka Pelatihan SIA Bumdesa Tahun 2021

Bupati HM Wardan Diwakili Sekda Buka Pelatihan SIA Bumdesa Tahun 2021

0
Bupati HM Wardan Diwakili Sekda Buka Pelatihan SIA Bumdesa Tahun 2021

Inhil – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs. H. M. Wardan, MP diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Afrizal, MP membuka secara resmi Pelatihan Sitem Informatika Akutansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDESA) Kabupaten Inhil, di Hotel Tembilahan Pratama, Senin (15/11/2021).

Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), menggelar Pelatihan SIA BUMDESA 14 s/d 16 November 2021 yang diikuti sebanyak 20 orang peserta yang terbagi dari Direktur dan Bendahara masing-masing yakni Kecamatan Batang Tuaka 2 Desa, Kecamatan Kempas 2 Desa, Kecamatan Kemuning 2 Desa, Kecamatan Keritang 2 Desa, Kecamatan Pelangiran 2 Desa, serta Fasilitator Kabupaten DMIJ Plus Terintegritasi sebanyak 4 orang.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan SIA BUMDESA ini adalah meningkatkan sumber daya manusia atau pengelola BUMDESA terhadap pelaporan keuangan, dapat meningkatkan sistem pelaporan dan pertanggung jawaban BUMDESA. Jelas Kadis PMD Budi Pamungkas

Sementara itu, Bupati HM Wardan dalam sambutannya yang dibacakan Sekda H Afrizal mengatakan, pengelolaan keuangan ini menjadi hal penting yang wajib ada pada BUMDESA.

“Pada laporan keuangan akan terlihat keuntungan (Laba) dan kerugian yang menjadi evaluasi perkembangan BUMDESA kedepannya”. Tambah Bupati

Oleh karean itu, Bupati berharap hal ini menjadi perhatian serius bagi peserta yang mengikuti pelatihan SIA BUMDESA ini, karena pentingnya pengelolaan dana pada BUMDESA secara akuntabel dan transparan akan menutup celah resiko tindak pidana korupsi yang menjadi ketakutan kita bersama. Tutup Bupati HM Wardan.

Turut hadir pada kesempatan, BPKP Provinsi Riau dan Leader DMIJ Plus Terintegritasi selaku narasumber, Kadis PMD beserta jajaran, dan para peserta pelatihan.