k1BhqZEzvI (1)

Hubungan pemerintah China dengan Jepang kembali memanas. China mengirimkan kapal penjaga pantainya di Laut China Timur. Hal ini berdampak pada peningkatan ketegangan di wilayah perairan itu.
Seperti dilansir Reuters, Minggu (19/10/2014), pemerintah China mengirimkan tiga kapal penjaga pantai bernomor 2305,2101, dan 2112 di dekat Diayou.
Tindakan tersebut dilakukan Pemerintah China sebagai respon atas tindakan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang memberi penghormatan di Kuil Yasukuni. Padahal kuil tersebut dianggap lambang kekerasan Jepang selama Perang Dunia II.
China  mengecam tindakan Perdana Menteri Abe yang mengirimkan tiga orang menterinya ke Kuil Yasukuni. Menurut Abe, tindakannya itu merupakan bentuk penghormatannya kepada pejuang-pejuang Jepang selama Perang Dunia II.
Memanasnya hubungan keduanya juga terkait sengketa pulau. China dan Jepang saling mengklaim sebuah gugusan kepulauan. Pemerintah China menyebutnya Diaoyu sedangkan Pemerintah Jepang menyebutnya Senkaku. Kepulauan ini memiliki letak yang strategis dan kekayaan alam yang banyak.