Cuaca Buruk Tidak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Tanah Lot, Bali
Wisatawan di Tanah Lot, Tabanan, Bali

Kundur News – Denpasar. Hujan lebat dan angina kencang yang terjadi selama beberapa bulan terakhir tidak mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke obyek wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan-Bali. Berdasarkan evaluasi pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot-Tabanan menunjukkan bahwa tingkat kunjungan wisatawan ke Tanah Lot masih stabil.

Manajer Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana mengungkapkan bahwa minat wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Lot tetap tinggi, walaupun cuca tidak menentu. Dimana dalam beberapa bulan terakhir hujan yang mengguyur Tabanan cuku deras dan disertai angin kencang. “Hingga memasuki bulan Februari tahun 2017 ini, jumlah kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot masih stabil walaupun hujan sering turun”, ungkap Toya Adnyana.

Menurut Toya Adnyana, Jumlah Kunjungan wisatawan ke obyek wisata Tanah Lot selama Januari 2017 mengalami peningkatan mencapai 14% dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu. Kondisi ini cukup menggembirakan ditengah pesimisme kunjungan wisatawan akibat cuaca yang tidak menentu dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Januari tahun 2016 lalu total jumlah pengunjung ke DTW Tanah Lot sebesar 280.787 orang. Dari jumlah tersebut 117.654 merupakan wisatawan mancanegara dan sisanya yakni 163.133 orang adalah wisatawan domestik. Sedangkan pada bulan Januari 2017 ini sebesar 319.406 wisatawan.

“Pada bulan Januari tahun ini, wisatawan asing yang berkunjung ke DTW Tanah Lot berjumlah 160.487 wisatawan dan wisatawan domestik berjumlah 158.919”, jelas Toya Adnyana.

Toya Adnyana mengakui akan terus melakukan inovasi dan mengembangkan langkah-langkah strategis  dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Lot. Adapun upaya-upaya tersebut diantaranya dengan semakin meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengunjung. Selain juga dengan melakukan penataan area DTW Tanah Lot sehingga terlihat lebih lestari dan menarik.*