Indragiri Hilir – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis kepada Forum Anak Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (FA Inhil). Di bawah binaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di Kantor Disdukpencapil Inhil Jalan Swarna Bumi, Tembilahan, Kamis (21/7/22).

Kepala DP2KBP3A Inhil, R. Arliansyah melalui Kabid PPA dan PHA Siti Munziarni mengatakan, KIA berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan dan pelayanan publik, dan upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

BACA :  Sukses Luncurkan Program Nasi Uduk, Disdukcapil Inhil Lagi Luncurkan PESTA PADI

“Tidak hanya sebagai data penduduk, KIA juga memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah, mencegah terjadinya perdagangan anak, melindungi pemenuhan hak anak, menjadi bukti identitas diri anak, sebagai syarat mengurus perbankan bila anak ingin memiliki tabungan sendiri, sebagai syarat mendaftar BPJS dan mengurus klaim asuransi,” Ujarnya.

BACA :  Tim Jemput Bola Disdukpencapil Inhil Terus Telusuri Desa-Desa Layani Masyarakat

Oleh karena itu, kata Siti Munziarni yang akrab disapa Bu Mun ini menambahkan, tujuan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi pendampingan kegiatan Forum Anak untuk berkunjung ke instansi pendukung seperti Disdukcapil Inhil, terkait Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Tujuan kunjungan ini untuk membantu atau berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya dokumen kependudukan dan juga untuk melihat proses tata cara pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) dan membagikan pengalaman tersebut serta menyuarakan pemenuhan hak anak,” paparnya.

BACA :  Tim Jemput Bola Disdukpencapil Inhil Terus Telusuri Desa-Desa Layani Masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Disdukpencapil Inhil Mizwar Effendi melalui Sekretaris Disdukpencapil Inhil Nursal Sulaiman pihaknya akan membantu dan siap mendukung Kabupaten Layak Anak (KLA).

Selain itu, Mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Inhil ini mengucapkan terimakasih atas kunjungan Forum Anak dan DP2KBP3A Inhil.

“Kami akan membantu program kegiatan Forum anak dalam mendukung KLA, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada DP2KBP3A Inhil dan Forum Anak sudah mau dan berperan dalam kepengurusan KIA,” imbuhnya.*

Previous articlePenyampaian Pandangan Fraksi-Fraksi Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2021