Dukung UMKM, Bea Cukai Tembilahan Fasilitas Ekspor Perdana Pruduk Gula Kelapa Ke Malaysia 

Tembilahan Hulu — Mendukung Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tembilahan fasilitas ekspor Perdana Gula Kelapa PT. Bekawan Agro Mandiri ke Malaysia, di Pelabuhan Parit 6 (Pelabuhan RW), Tembilahan Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (18/3/2023) pagi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Inhil Drs HM Wardan yang diwakili oleh staf ahli Bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Drs H Masdar, Kepala kantor Bea Cukai Tembilahan Eka Purnama Putra, Dandim 0314/Inhil yang diwakili Danramil 12/BTK Kapten Inf Tarmizi, Kapolsek Tembilahan Hulu yang diwakili Babinkamtibmas, Pengadilan Negeri Tembilahan Kelas II, Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rengat., Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tembilahan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri, serta jajaran Kantor BC Tembilahan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tembilahan Eka Purnama Putra mengatakan Ekspor perdana produk UMKM gula kelapa PT Bekawan Agro Mandiri. Program pemerintah yakni pemulihan ekonomi nasional atau merupakan sebuah upaya salah satunya untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia khususnya untuk pengusaha UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional.

 

Dia juga menjelaskan Bea Cukai Tembilahan secara aktif memberikan asistensi ekspor yang juga merupakan salah satu tugas dan fungsi dari bea dan cukai.

 

“Alhamdulillah Hari ini kita sama-sama menyaksikan ekspor perdana berupa kurang lebih satu ton gula kelapa dengan nilai ekspor sebesar US 1423 ke Malaysia produk ini merupakan asli produk buatan pengusaha MKM dari Kabupaten Indragiri Hilir dengan berhasilnya melaksanakan ekspor ini. Artinya produk gula kelapa telah berhasil menembus pasar internasional Kita patut berbangga karena produk lokal asli Inhil sedikit banyak telah membawa nama harum Indonesia khususnya Kabupaten Indragiri Hilir,” kata Kepala kantor BC Tembilahan Eka Purnama Putra.

 

Ia menjelaskan BC Tembilahan tidak akan berhenti sampai di sini, akan terus berusaha membentuk eksportir eksportir UMKM lainnya dengan produk-produk lainnya yang sekiranya berpotensi ekspor sehingga kedepannya akan kembali ada eksportir baru yang dapat menjual barangnya ke pasar internasional.

 

Mengenai ekspor terdapat tiga syarat agar ekspor dapat dilakukan yaitu kuantitas kualitas dan keberlanjutan tiga syarat tersebut tidak akan terpenuhi apabila tidak ada Sinergi yang baik oleh karenanya perlu dukungan yang kuat dari semua pihak, untuk mencapai tujuan yang dimaksud bea Cukai Tembilahan akan selalu mendorong para pelaku usaha yang berencana untuk melakukan ekspor dan membutuhkan eksistensi melalui program klinik ekspor.

 

“Jadi kepada pelaku UMKM yang ingin mendaftar seperti PT. Bekawan Agro Mandiri untuk dapat datang langsung ke kantor bea Cukai Tembilahan atau menghubungi petugas bea Cukai melalui kontak saluran yang tersedia selama 24 jam selama 7 hari,” ujarnya.

Bahwa dalam rangka membantu pemasaran bagi pengusaha UMKM kepala BC Tembilahan Eka Purnama Putra juga mengungkapkan bc Tembilahan membangun suatu website di mana di dalamnya terdapat semua jenis produk UMKM yang dapat dilihat langsung oleh calon pembeli dari dalam maupun luar negeri.

 

“Agar lebih besar ini bisa berjalan dengan sempurna tentunya kami membutuhkan data-data terkait produk kemasan komposisi serta data lainnya dengan harapan calon pembeli dapat melihat dengan jelas meskipun belum melihat secara langsung,” cetusnya.

 

Kendati demikian dikatakan Eka dalam program peningkatan ekonomi nasional ini BC Tembilahan tidak bisa berdiri sendiri ia mengajak semuanya agar memberikan dukungan serta kerjasama sehingga tujuan dari program peningkatan ekonomi nasional yaitu peningkatan nilai ekspor dari pengusaha UMKM dapat terwujud.

 

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM yang ada di kabupaten Indragiri Hilir, sehingga banyak pelaku ekspor dan ekonomi di kabupaten Indragiri Hilir semakin baik, dan juga kepada Pemerintah Daerah untuk mengedukasi dan mendampingi para UMKM khususnya yang berorientasi ekspor dan dapat memaksimalkan kualitas dan kuantitas produksinya. Sehingga dapat menembus pasar ekspor Sekali lagi selamat atas ekspor perdana dari PT bekawan Agro Mandiri,” jelasnya.

 

Direktur PT Bekawan Agro Mandiri Burhanudin dalam sambutannya mengatakan terima kasih yang sangat mendalam atas bimbingan dari bapak-bapak bea Cukai terutama kepala kantor BC Tembilahan pak Eka Purnama Putra dan jajarannya. Sehingga terlaksana ekspor perdana PT Bekawan Agro Mandiri olahan Gula Kelapa.

 

“Kami (PT Bekawan Agro Mandiri) mendapatkan bimbingan baik secara administrasi dari BC Tembilahan Bagaimana cara membuat administrasi ekspor dan sebagainya hingga pada hari ini kita dapat menyelesaikan semuanya tanpa lewat perantara atau agen apapun, urusannya sangat mudah,” ujarnya.

 

Lebih lanjut kemudian rasa Terima kasih juga di sampaikan kepada Pemda Inhil dalam hal ini dinas yang membawahi UMKM yang telah membantu juga dalam beberapa hal diantaranya adalah pengurusan PRT dan sertifikasi halal jadi itu menjadi nilai tambah bagi pembeli.

 

Sementara itu Bupati Inhil Drs HM Wardan yang diwakili oleh staf ahli Bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Drs H Masdar mengungkapkan permohonan maaf atas ketidak hadiran bupati dan walikota Wabup dikarenakan ada kesibukan yang padat.

 

 

Pohon kelapa yang juga merupakan pohon Kehidupan memiliki banyak sekali manfaat dan setiap bagian dari pohon kelapa dapat bernilai ekonomis salah satu komoditas yang berasal dari pohon kelapa yakni gula kelapa yang mana akan di ekspor secara perdana pada hari ini

“Syukur alhamdulillah pada hari ini dilaksanakannya ekspor perdana gula kelapa sebanyak 1 ton ke Malaysia oleh PT Bekawan Agro Mandiri saya atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir tentunya menyambut baik dan sangat mendukung atas terlaksanakan ekspor gula kelapa ini karena menandakan bahwa produk dari daerah kita kita mampu menembus pasar internasional,”

 

“Saya harapkan ke depan produk lainnya yang khusus dari turunan kelapa bisa diekspor ke luar negeri seperti halnya gula kelapa ini,” sambungnya.

 

Kelapa adalah merupakan pohon kehidupan mulai dari akar batang pelepah kelapa, Manggar buah dan daunnya lidinya semua menilai produk ekonomis ketika memang mampu mengolah turunan ini dengan baik.

 

“Dengan momentum ini kami mengajak para bapak-bapak dan ibu-ibu pengrajin kelapa kelompok tani kelapa kiranya dapat mengembangkan bahwa turunan kelapa itu masih banyak yang akan kita olah dan mampu kita ekspor juga ke luar negeri dan tentunya tidak lepas dari bantuan dari BC Tembilahan,” pungkasnya.

 

Previous articleHarapan Bupati Asahan, Pada Pembukaan Pameran Hari Jadi ke-77 Kabupaten Asahan
Next articlePeringati Hari Jadi Asahan Dan Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pemkab Asahan Laksanakan Tabligh Akbar