gelar-sidak-kemendikbud-pastikan-distribusi-soal-un-smp-lancar

 

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud melakukan inspeksi mendadak di SMP Negeri 73, pada Senin (4/5) pagi ini. Sidak tersebut dilaksanakan menyusul pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP tahun pelajaran 2014-2015 yang serentak dilaksanakan hari ini.

Kepala Balitbang Kemendikbud, Furqon mengatakan, sejauh ini distribusi soal untuk pelaksanaan ujian nasional di tingkat SMP berjalan lancar. Dirinya mengatakan bahwa belum ada sama sekali laporan, mengenai kendala, dalam pendistribusian naskah-naskah soal ujian di lapangan.

“Sudah terpantau semuanya. Semua soal sudah siap di lokasi titik penyimpanan akhir dan sampai saat ini enggak ada laporan yang menunjukkan adanya persoalan,” kata Furqon saat memantau sidak di SMP 73 Negeri, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (4/5).

Ketika ditanya mengenai pendistribusian soal ke daerah-daerah terpencil, Furqon mengaku hal itu sudah diantisipasi pihaknya seperti melakukan pendistribusian lebih awal. Sementara itu, untuk mengantisipasi masalah seperti kerusakan atau kekurangan jumlah soal akibat data pengalokasian naskah soal yang kurang valid pihaknya menyiapkan naskah cadangan di setiap sekolah.

“Itu sudah kita lakukan lebih awal. Karena terkadang masalah transportasinya kan tidak bisa diprediksi kalau di daerah. Dan kita biasanya kirim lebih awal dari daerah-daerah lain pada umumnya, hanya untuk memastikan jika sudah sampai di tempat tujuan dan tidak terlambat,” ujar Furqon.

“Kita sudah mengantisipasi jika ada kerusakan soal, dengan menyiapkan cadangan di dalam suatu sekolah. Jika di situ sudah habis, bisa diambil di sekolah terdekat dengan sejumlah catatan di dalam berita acara pengambilannya,” pungkas dia.

Perlu diketahui, SMP 73 Negeri ini merupakan pusat pengkoordinasian bagi subrayon 12, yang mengakomodir soal-soal UN SMP di 4 Kecamatan, yaitu Tebet, Setiabudi, Pancoran dan Mampang.

Sementara bagi sejumlah siswa yang tidak dapat mengikuti UN SMP atau Madrasah Tsanawiyah pada hari ini, mereka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti UN susulan pada 14 Mei 2015. Pengumuman seluruh hasil ujian tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah ini rencananya akan diumumkan secara serentak, pada 10 Juni 2015 mendatang.

 

 

+

+

http://www.merdeka.com/peristiwa/gelar-sidak-kemendikbud-pastikan-distribusi-soal-un-smp-lancar.html