Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan pemakaian listrik 9 Desa 2 Dusun di Kepri, yang dipusatkan di Desa Semembang Kecamatan Durai, didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq, Rabu (27/10)

KARIMUN – Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan pengaliran listrik bagi lima desa di empat Kecamatan di Kabupaten Karimun, ditandai dengan menyalakan meteran listrik warga Desa Semembang Kecamatan Durai, Rabu (27/10).

Adapun lima desa dari empat Kecamatan yang sudah dialiri listrik antara lain, Desa Semembang dan Desa Sanglar di Kecamatan Durai, Desa Degong Kecamatan Belat, Desa Selat Mie Kecamatan Moro, serta Desa Ngal Kecamatan Ungar.

Dari persemian itu, maka seluruh wilayuah Kecamatan di Kabupaten Karimun telah dialiri listrik, dan warga di pulau-pulau tidak lagi kebingungan mencari penerangan saat malam hari.

Dalam kesempatan itu Ansar Ahmad mengatakan, peresmian listrik itu bersamaan dengan program yang telah dia luncurkan dengan nama Desa Berlistrik Kepulauan Riau.

“Desa Berlistrik Kepulauan Riau merupakan gabungan dari program sembilan Desa dua Dusun di Kepri terang benderang, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 76,” ujar Ansar.

Kesembilan Desa dan dua Dusun di Kepri yang dimaksud adalah, Desa Semembang, Desa Degong, Desa Selat Mie, Desa Sanglar dan Desa Ngal, semua Desa ini berada di Kabupaten Karimun. Selain itu ada Desa Sunggak, Desa Air Putih dan Desa Lingai di Kabupaten Kepulauan Anambas. Desa Busun Panjang dan Dusun Binjai di Kabupaten Lingga, terakhir Dusun Harapan Jaya di Kabupaten Natuna ada.

Menurtu Ansar Ahmad, peresmian pemakaian listrik tersebut sebagaimana yang diharapkan, yakni Kepri terang benderang, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan penerangan pun semakin merata.

“Setelah terpenuhinya kebutuhan listrik masayrakat sampai ke wilayah pulau-pulau, maka ini sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19,” ujar Ansar lagi.(*)