Inhil – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Kabupaten Indragiri Hilir, H Yulizal didampingi Kabid dan para Kasi, kembali menyambangi sekolah-sekolah yang ada di kota Tembilahan, Senin (1/3/21).

Diantaranya Sekolah Mts Negeri 2 Indragiri Hilir, Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 2 Tembilahan, dan Sekolah Dasar Negeri 035 Tembilahan.

Yulizal mengatakan, kunjungannya ke setiap sekolah-sekolah untuk membangun perpustakaan yang selama ini masih tertidur.

“Tugas kami adalah memberikan pembinaan dan pengelolaan bagaimana pustaka bisa menjadi lebih baik,” ujar Yulizal saat menyambangi perpustakaan Syech Abdul Rahman Sidiq Mts Negeri 2 Indragiri Hilir. Senin (1/3/21).

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Inhil itu menjelaskan, targetnya sebelum pensiun perpustakaan di kabupaten Indragiri Hilir, sepertiganya sudah terakreditasi.

“Sebelum saya pensiun targetnya sepertiga pustaka di Inhil sudah terakreditasi,” katanya.

Dikatakan Yulizal, mendaftarkan perpustakaannya ke perpustakaan nasional agar bisa dinilai agretasinya, setiap perpustakaan minimal memiliki 1500 judul buku.

“Kalau agretasi sudah terdaftar di pustaka nasional. Kita akan mengerti kinerja kita, pasti akan ada peningkatan. Dan Setiap perpustakaan minimal memiliki 1500 judul buku,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala sekolah MTS Negeri 2 Indragiri Hilir, Sri Mulyati MA mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari rombongan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

“Memang kami menyadari banyak kekurangan semoga dengan adanya kunjungan ini bisa membuat perubahan dalam perpustakaan kami. Sangat kurang dalam ilmu pustaka,” tuturnya.

Terakhir ia berharap semoga dengan adanya kunjungan ini bisa membuat perpustakaan di sekolah tersebut bisa menjadi lebih baik.

“Terimakasih sebelumnya untuk bapak dan ibu, kami berharap adanya bimbingan dari bapak dan ibu perpustakaan kami bisa menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Karena memang selama ini kami kurang memahami,” imbuhnya.