Pembalap-F1-Indonesia-Rio-Haryanto
Pembalap F1 Indonesia Rio Haryanto

Kundur News – BINTAN – Iven Bintan Triathlon 2017 yang bakal digelar akhir pekan ini dikawasan wisata Lagoi, Sabtu (20/5), mantan pembalap formula 1 (F1) Indonesia Rio Haryanto (24) sudah memastikan diri untuk mengikuti iven tersebut.
Kepastian itu diterima Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan Luki Zairman Prawira dari pihak Metasport selaku Iven Organizer (IO) Bintan Triathlon.

“Kita sudah mendapatkan kepastian Rio ikut serta dari pihak Metasport hari ini (Selasa-red). Dia ikut kategori Sprint Distance,” ucap Luki di Bintan Buyu, Selasa (16/5) dilansir Haluankepri.

Bahkan, iven tahun yang ke-13 kalinya digelar di Bintan ini juga bakal diserbu 5.000 lebih wisatawan mancanegara (Wisman) dari 30 lebih negara baik Asia, Eropa maupun Amerika. Luki menyebutkan, hingga hari ini jumlah peserta atlet yang mendaftar sudah menembus angka 1.200 atlet. Dimana sekitar 120 atlet merupakan peserta lokal termasuk Rio Haryanto.

“Jumlah atlet yang mendaftar ada 1.200 peserta, ditambah dengan official serta keluarga. Diperkirakan ada 5.000 wisman yang akan datang ke Bintan saat iven Bintan Trithlon tahun ini,” sebut Luki.

Jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam iven kali ini terbagi dalam beberapa kategori, diantaranya kata Luki ada yang ikut kategori Olympic Distance dengan jarak tempuh renang sejauh 1,5 kilometer (Km) dilanjutkan bersepeda sejauh 40 Km dan diakhiri berlari sejauh 10 Km sebelum menempuh garis finish.

Sedangkan untuk kategori Sprint Distance, Luki menambahkan, peserta termasuk Rio Haryanto yang ikut kategori ini akan berenang sejauh 750 meter dilanjutkan bersepeda sejauh 20 Km dan diakhiri 5 Km. Sementara untuk kategori Youth Distance peserta akan berenang sejauh 300 meter dan beresepeda sejauh 10 Km serta berlari sejauh 3 Km.

Dan untuk kategori Kids Distance atau kelas anak-anak, peserta akan berenang sejauh 150 meter dan bersepeda sejauh 6 Km serta diakhiri dengan berlari sejauh 1,5 Km. “Peserta yang paling banyak dari Singapore, Australia dan China. Peserta lokal ada 10 persen yang ikut dalam iven tahun ini,” bebernya.

Sejauh ini segala persiapan yang diperlukan untuk mensukseskan hajatan tahunan Bintan ini sudah baik. Luki berharap, pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar sehingga Bintan bisa terus dikenal mata dunia dengan pagelaran iven-iven international seperti Bintan Trithlon.

 

(oxy/haluankepri)