jk-malaysia-dan-singapura-bakal-diserbu-tki

 

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksi saat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015 mendatang, membuat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berbondong-bondong bekerja di Singapura dan Malaysia. Besarnya upah yang diterima menjadi daya tarik utama.

Menurut JK, arus tenaga kerja saat MEA akan ditentukan oleh besaran upah yang berlaku di tiap negara di ASEAN. Kecenderungannya, tenaga kerja akan mencari negara-negara yang memberikan upah besar.

“Nanti orang Indonesia banyak kerja di Malaysia, Singapura, 2 negara itu paling yang dekat. Dokter Singapura sekali periksa 2 juta, kita Rp 200.000- Rp 300.000, mana mau mereka kerja di sini,” kata JK di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (30/1).

Selain itu, faktor kedekatan bahasa juga mempengaruhi pola pergerakan tenaga kerja. JK mengatakan, tenaga kerja Indonesia akan memburu pekerjaan di Singapura atau Malaysia lantaran kedekatan bahasa.

Sementara itu, pekerja-pekerja dari negara lain akan kesulitan memburu pekerjaan di Indonesia. “Indonesia paling kerja di Malaysia dan Singapura karena bahasanya mirip-mirip, mudah dimengerti. Kalau Kamboja, Thailand, Vietnam hurufnya sama kaya cacing-cacing, nggak mungkin kita kesana,” ujarnya.

Setidaknya ada delapan sektor jasa yang akan terbuka bagi tenaga kerja ASEAN, antara lain pengobatan (tenaga medis/dokter), perawat, arsitek, engineering, dokter gigi, akuntan, tenaga survei dan pariwisata. Selain itu, tiap negara ASEAN juga sudah bersepakat untuk menyatukan kekuatan di bidang politik, ekonomi, kebudayaan, perhubungan, kesehatan dan perdamaian.

“Isinya sebenarnya suatu community kerja sama perdagangan bebas. Flow orang, barang, dan jasa, ini tidak menjadi halangan. Ini prinsip-prinsip dasar, makna dari ASEAN Community,” tegasnya.

JK menilai, dengan adanya MEA membuat para negara ASEAN saling berlomba dalam efektifitas. “Bersaing lebih baik, murah, dan cepat. Siapa yang menang adalah yang lebih baik. Siapa yang lebih cepat delivery-nya dan lebih murah barangnya,” terangnya.

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/uang/jk-malaysia-dan-singapura-bakal-diserbu-tki.html