Jpeg

Kundur News – Tanjungbatu – Walau situasi kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di beberapa wilayah Indonesia, tidak menyurutkan ribuan jemaah Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun untuk melaksanakan Sholat Iduladha 1436 Hijriah di Lapangan Sepak Bola Gelora Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur, Kamis (24/9) pagi.

Mereka berbondong-bondong memadati Lapangan Gelora tersebut, bahkan sebagian dari mereka menggunakan masker untuk menjaga kesehatan.

Pelaksanaan berlangsung khidmad. Bertindak sebagai imam sholat Ied adalah Abdul Rozak Nasution Al Hafidz, Imam Masjid Raya Nurussalam Tanjungbatu Kota dan khotib, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Karimun H. Afrizal.

Dalam khutbahnya mengatakan Idul Adha merupakan momentum bagi ummat Islam dan para jamaah haji untuk lebih rela berkorban dan lebih memperjuangkan perekonomian masyarakat agar semakin baik.

“Selain itu, mari bersama kita meminta kepada Allah SWT agar bencana kabut asap tebal ini segera berakhir,” katanya.

Sementara itu, Syahril salah seorang warga mengatakan meski kabut asap mengganggu aktivitas tetapi tidak menghambat keluarganya melaksanakan salat Idul Adha.

“Untuk shalah Idul Adha dianjurkan lebih ‘baik dilaksanakan di lapangan. Meski udara diselimuti kabut asap tebal tetapi tidak mengganggu pelaksanaan sholat. Untuk itu kita juga menggunakan masker,” katanya.

Ia pun berharap kabut asap tebal yang melanda wilayah Kundur sejak beberapa waktu lalu segera menghilang.

Oleh : z