komunitas_muslim_indonesia_di_eropa_ bangun_misjid_di_amsterdam
Jamaah Masjid Al-Ikhlas, di Amsterdam

Kundur News – AmsterdamBelanda. Masjid Al-Ikhlas, di Amsterdam dibangun oleh sebuah Komunitas Muslim Indonesia di Eropa Muslim Youth Union (PPME),  mereka telah membeli sebuah bangunan tersebut yang akan dikembangkan menjadi Pusat Kebudayaan Indonesia di Jan van Gentstraat 140, Badhoevedorp, Belanda.

Bangunan ini memiliki beberapa ruang yang akan digunakan sebagai masjid bernama Al-Ikhlas, ruang kelas, kantor, dan ruang lokakarya, anggota masyarakat Muslim Indonesia, Hansyah Iskandar, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip berita Antara di Jakarta, Senin.

Masjid Al-Ikhlas akan diresmikan oleh Menteri Indonesia Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Saat ini telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di Amsterdam dan daerah yang telah lama ingin memiliki gedung sendiri untuk mengadakan acara budaya dan agama di sekitarnya,” kata pendiri Muslim Eropa Pemuda Union, Muzayyin

Menurut ketua serikat, Rudi Kosasih, masjid akan diresmikan oleh Saifuddin di sela-sela kunjungannya ke Belanda untuk membuka konferensi internasional tentang “Rethinking Indonesias Islam Nusantara” di Vrije Universiteit Amsterdam, yang diselenggarakan oleh organisasi Islam Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) dari Belanda.

Saifuddin akan didampingi oleh beberapa duta besar Indonesia, yaitu Duta Besar untuk Belanda I Gusti Wesaka Puja, Duta Besar RI untuk Lebanon Ahmad Chozin Chumaidy, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Duta Besar RI untuk Aljazair Safira Machrusah, dan Duta Besar ke Azerbaijan Husnan Fananie Bey.

“Kami berharap pemerintah dan rakyat Indonesia akan mendukung perjuangan kita untuk memperkenalkan Indonesia dan Islam di Eropa,” Ujar anggota dewan NU di NL, Budi Santoso.*