Kronologi Jatuhnya Pesawat Lion Air

JakartaPesawat Lion Air JT-610 type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik operator Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang, pada Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang, Bangka Belitung hilang kontak pada sekitar pukul 06.33 WIB.

Pesawat beregistrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E.

Pesawat ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. Pesawat sempat meminta return to base sebelum akhirnya hilang dari radar.

Pesawat membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi dengan 2 Pilot dan 5 FA.

BACA :  Kendaraan Bawah Laut Diteksi Diduga Black Box Pesawat Lion Air JT-610

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menunjukkan jika pesawat Lion Air JT-610 lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 06.21 WIB.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (29/10) anak perusahaan PT Pertamina(Persero) Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) menyatakan ada pesawat Lion Air jatuh di sekitar fasilitas lepas pantai di bagian Utara Bekasi, Jawa Barat.

Meski begitu jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 tidak mengenai sarana dan prasarana milik PHE ONWJ.

“Informasi dari lapangan, pesawat jatuh di lapangan Mike blok ONWJ, tapi masih jauh dari fasilitas anjungan kami,” kata VP Relations Pertamina Hulu Energi Ifki Sukarya saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/10) pagi.

BACA :  Konpensasi Bagi Korban Jatuhnya Pesawat Lion Air

Terdengar Suara Ledakan
Seorang nelayan Muara Bungin mendengar suara ledakan saat di perbatasan perairan Karawang dan Bekasi, Jawa Barat.

Kabar tersebut disampaikan oleh Camat Pakisjaya, Irlandia Suarlan di Pantai Tanjung Pakis, Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang pada Senin (29/10/2018).

Suarlan mengatakan bahwa ia mendengar kabar nelayan di Muara Bunginyang mendengar suara ledakan saat pesawat jatuh sekitar pukul 06.30 WIB.

Saya mendapat kabar nelayan di Muara Bungin mendengar ledakan di air sekitar pukul 06.30 WIB,” ujar Camat Pakisjaya Irlandia Suarlan di Pantai Tanjung Pakis, Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Senin.

Saat ini, sejumlah nelayan dan pihak desa juga turut melakukan penyisiran di sepanjang Pantai Tanjung Pakis hingga Muara Bungin.

Sejumlah nelayan Karawang juga melakukan penyisiran di perairan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

BACA :  Baru Ditemukan 52 Kartu Identitas Korban Kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana meminta untuk nelayan di Tanjungpakis turut membantu menyisir perairan di lokasi perkiraan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.*