perahu-terganjal-benda-dikira-kayu-nelayan-tewas-diterkam-buaya

 

 

Seorang nelayan di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Maluku diterkam seekor buaya ketika sedang melaut di perairan Kepulauan Yamdena pada Rabu (11/2). Serangan buaya ganas itu menyebabkan kaki kiri korban mengalami luka parah, sementara kaki kanannya terputus dari bagian lutut ke bawah.

“Kami mendapat laporan masyarakat kalau salah satu warga yang diketahui bernama Rolly Malirafe diterkam buaya,” kata Kapolres Maluku Tenggara Barat, AKBP Richard Tatuh yang dihubungi dari Ambon, Kamis (12/2). Dikutip dari Antara.

Menurut Richard, aksi buaya ganas ini juga sudah pernah terjadi sejak beberapa tahun lalu hingga mengakibatkan korban menderita luka-luka serius akibat dihantam rahang hewan liar tersebut.

Kasat Reskrim Polres MTB, AKP Titus Leftumun mengatakan, kejadian itu berlangsung sangat cepat. Korban bahkan sempat melakukan perlawanan dan teriak meminta tolong.

“Awalnya sampan yang dikayuh korban terganjal sebuah benda yang dikira batang kayu, tetapi ketika akan digeserkan dengan dayungnya, buaya tersebut langsung menerkam kaki kiri nelayan tersebut,” katanya.

Korban yang sendirian mengayuh sampan ini berupaya melakukan perlawanan dengan cara menusuk bola mata buaya ganas itu hingga gigitannya terlepas. Namun buaya kembali menerkam lutut kanannya dan tidak terlepas sampai akhirnya kaki korban terputus dan akhirnya mendapat pertolongan sejumlah warga yang mendatangi tempat kejadian perkara.

Buaya tersebut berhasil melarikan diri, dan warga membawa korban ke rumah sakit Saumlaki untuk menjalani perawata medis. Salah satu warga Saumlaki, Izak Lessy mengakui, kasus penyerangan buaya di teluk dalam ini sudah empat kali terjadi.

“Tahun 2014 kemarin serangan buaya ganas juga terjadi dan menimpa Ananias Kelmaskosu hingga mendapat 118 jahitan di bagian bahu dan kepala yang terkena gigitan,” katanya.

Korban menuturkan, kalau buaya yang diperkirakan sepanjang tiga meter itu sempat terjerat jaringnya namun amukan hewan ganas itu membuat jaring robek dan akhirnya melarikan diri.

“Kelmaskosu juga awalnya melihat ada batang kayu bulat yang terapung di tengah laut, namun saat didekati ternyata buaya itu langsung menerkam dirinya,” katanya.

 

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/peristiwa/perahu-terganjal-benda-dikira-kayu-nelayan-tewas-diterkam-buaya.html