KARIMUN – Jumlah pendaftar di SMP Negeri 1 Karimun membludak. Pasalnya, dari 210 kuota yang disediakan, namun baru hari pertama pembukaan pendaftaran sudah 294 formulir yang diambil, Senin (2/7).

Ketua Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 1 Karimun, Sahmaiti Agus mengatakan, penerimaan siswa baru di sekolah tersebut berdasarkan zona yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Diantaranya bagi calon siswa yang berdomisili di Teluk Air, Lubuk Semut, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Sidorejo, Kampung Tengah, Bukit Tiung I dan II, Puakang, Sungai Lakam dan Bukit Senang

“Jika ada calon siswa dari luar zona, maka akan diberikan opsi untuk mengikuti jalur prestasi yang kuotanya hanya lima persen atau 11 siswa saja. Tentunya dengan didukung oleh berbagai macam sertifikat penunjang sebagai bukti siswa bersangkutan berprestasi,” kata Agus.

BACA :  Sejak Januari 2016, Ribuan Guru Honor Madrasah Belum Terima Gaji !

Sedangkan sistim kelulusan calon siswa akan menggunakan perangkingan dan mengutamakan anak terdekat dari sekolah. Kemudian baru bergerak ke beberapa titik yang masih menjadi zona SMPN 1 Karimun. Karena jangan ada anak sekitar sekolah yang tidak tertampung.

Kendati sudah melebihi kuota, SMPN 1 Karimun akan tetap membuka pendaftaran sampai 4 Juli sebagaimana yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Bagi pendaftar yang tak diterima karena kuota yang tak mencukupi, dianjurkan untuk mendaftar di sekolah swasta. Karena jadwal PPDB di sekolah cukup panjang dan tidak berpatokan dengan Dinas Pendidikan.

“Formulir yang telah diambil harus dikembalikan sebelum batas akhir pendaftaran pada 4 Juli pukul 12.00 WIB. Lewat dari jam dan tanggal ditetapkan maka dinyatakan gugur. Pengumuman kelulusan akan disampaikan pada Kamis mendatang (5/7) di SMPN 1 Karimun pada pukul 10.00 WIB,” tutupnya.(*)