Perkembangan Lagu Berbahasa Bali Jadi Jalan Pelestarian Bahasa Bali

    Kundur News – Denpasar – Kehadiran music atau lagu berbahasa Bali merupakan salah satu jalan dalam upaya melestarikan Bahasa Bali. Apalagi kehadiran music berbahasa Bali  menunjukkan minat generasi muda dalam melestarikan Bahasa Bali. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dalam sambutannya pada acara Launching Album Bali Kumara Generasi IV di Ball Room Hotel Niki, Denpasar, Senin (6/11).

    Menurut Sudikerta, hasil karya yang ditunjukkan melalui lagu berbahasa Bali ini merupakan wujud nyata upaya pelestarian terhadap keberadaan bahasa Bali sebagai Bahasa Ibu. “Kita semua patut berbangga karena kehadiran lagu anak-anak berbahasa Bali di era modernisasi saat ini masih dapat diterima oleh anak-anak kita di Bali, untuk itu saya mengapresiasi kegiatan ini “ungkap Sudikerta.

    Sudikerta menyampaikan bahwasannya di tengah perkembangan musik tanah air yang begitu pesat, musik Bali dalam berbagai bentuknya juga terus mengalami perkembangan. Kehadiran musik berbahasa Bali  telah menunjukkan minat generasi muda terhadap Bahasa Bali yang cukup besar. Hal ini memberi dampak positif dalam menjaga kelestatrian Bahasa Bali sebagai salah satu identitas kebanggaan masyarakat Bali.

    Kedepannya Wagub Bali berharap album Bahasa Bali di kalangan anak-anak dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga pelestarian dan pengembangan seni budaya di bidang musik Bali dapat terus terjaga. “Saya juga berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi kita semua untuk terus peduli terhadap pelestarian Budaya Bali. Dengan tetap terjaganya rasa kepedulian terhadap budaya Bali, maka apa yang kita cita citakan bersama untuk mewujudkan Bali Mandara dapat terwujud,“tutur Sudikerta.

    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Launching Album Bali Kumara Generasi IV Made Sukalama dimana  kegiatan ini dilakukan disamping untuk memberikan apresiasi kepada para seniman juga untuk mematik semangat anak-anak untuk terus berkreasi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk berperan nyata dalam upaya pelestarian budaya Bali sehingga budaya Bali akan lestari dan tumbuh mengakar di kalangan generasi muda.

    Peluncuran  Album Bali Kumara IV yang dibuka dengan pemukulan gong oleh Wagub Bali, juga diisi dengan penampilan  19 penyanyi yang terlibat dalam album tersebut.*