Home Kepri Bintan

PKK Provinsi Kepri Gelar Baksos di Kampung Panglong Bintan

Ketua TP PKK Kepri Dewi Kumalasari Ansar menyerahkan bantuan beras dalam kegiatan baksos TP PKK Provinsi Kepri di Kampung Panglong Desa Berakit Kabupaten Bintan, Senin (14/3)

BINTAN – Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri menggelar bakti sosial di kawasan pesisir Kampung Panglong Desa Berakit Kabupaten Bintan, Senin (14/3).

Baksos yang dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar itu diawali dengan silaturahmi dan dialog dengan masyarakat.

Dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, dalam hal ini pengecekan tekanan darah, gula darah, serta pengobatan berbagai macam penyakit bagi masyarakat setempat.

Terakhir dilakukan penyerahan bantuan beras untuk masyarakat Kampung Panglong terhadap 85 Kepala Keluarga (KK), masing-masing mendapatkan 5 kilogram beras dari Dewi Kumalasari Ansar.

Dihadapan masyarakat Kampung Panglong, Dewi Kumalasari Ansar mengatakan, maksud dari kunjungannya tersebut untuk menjemput aspirasi masyarakat, sekaligus menjelaskan berbagai program pemerintah untuk mensejahterakan warga Kampung Panglong.

“Kampung Panglong adalah kampung yang istimewa, karena menyimpan potensi pariwisata dan potensi usaha rakyat yang sangat besar,” ujar Dewi.

Dia menyebutkan, salah satu program utama pemerintah saat ini adalah memulihkan perekonomian melalui pariwisata. Sehingga dalam hal ini Kampung Panglong yang memiliki wisata mangrove dan dapur arang, yang perlu dipersiapkan dalam penataannya untuk menarik para wisatawan.

Terlebih menurut Dewi, pelabuhan berakit yang selama ini tidak beroperasi, akan segera dimanfaatkan Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk menjadi pintu masuk wisatawan.

“Maka dari itu Kampung Panglong harus bisa menjadi perhatian pertama, bagi para wisatawan yang datang dari pelabuhan,” kata Dewi lagi.

Selain itu kata Dewi, dia mengaku siap mendukung produk olahan UMKM di Kampung Panglong, seperti gamat dan produk laut lainnya, agar memiliki nilai jual yang tinggi.

“Sehingga tidak hanya pasar lokal saja yang kita sasar, tetapi juga pasar ekspor bisa kita tembus kalau produknya bermutu tinggi,” ungkap Dewi.

Dalam dialog yang berlangsung hangat, Dewi juga menerima berbagai masukan dan harapan dari setempat, seperti perbaikan rumah, penyediaan bus sekolah, renovasi rumah ibadah, dan harapan bantuan untuk UMKM.

Dia pun menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri saat ini sudah memiliki program subsidi bunga nol persen, untuk modal usaha yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri. Program yang digagas Gubernur Kepri Ansar Ahmad itu sudah terbukti, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menstimulus usaha mereka.

“Bantuan subsidi bunga nol persen itu sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, warga Kampung Panglong pun harus merasakan manfaat dari program subsidi bunga nol persen,” pungkasnya.(*)

==========================