Polres Karimun Apel pasukan Operasi Mantap Praja Seligi jelang Pilkada serentak
Polres Karimun Apel pasukan Operasi Mantap Praja Seligi jelang Pilkada serentak

Kundur News – KarimunPolres Karimun menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Seligi jelang Pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang didepan panggung rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Kabupaten Karimun sekitar pukul 08.30 WIB, Jumat (21/8/2015).

Dalam apel ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Karimun, Arif Fadillah serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Sambutan Kapolda Kepri, Brigjen Pol Arman Depari dibacakan
Kapolres Karimun, AKBP I Made Sukawijaya, SIK, M,Si mengatakan, apel ini merupakan media untuk konsolidasi dalam pengecekan kekuatan perseonel, serta memberikan arahan pelaksanaan tugas serta konsignesnya.

“Melalui gelar apel pasukan ini dipahami tugas pokok, koordinasi yang harus dilakukan. Serta memahami ketentuan yang diperbolehkan maupun dilarang sesuai standar operasional prosedur,” pintanya.

BACA :  Polsek Kundur Berikan Sosialisi Pendampingan Dana Desa

Disampaikannya, pelaksanaan Pilkada sudah memasuki tahapan penetapan calon dan lainnya oleh penyelenggara, yakni Komisi Pemilihan Umun (KPU). Dalam setiap tahapan tersebut berpotensi terhadap terjadinya gangguan kamtibmas dari pihak-pihak tertentu. Maka dari itu harus lebih meningkatkan keamanan, kewaspadaan dan sinergitas dari semua elemen (stakeholders).

Lanjutnya, menjelang Pilkada di Privinsi Kepri dapat menyebabkan meningkatnya potensi ancaman, pemanfaatan media massa dan dinamika kehidupan masyarakat disegala aspek. Diharapkan para calon, timses dan simpatisan dapat bersama-sama mentaati jadwal serta aturan.

“Jaga kekompakan antara aparat keamanan, tingkatkan koordinasi, jaga netralitas selaku aparat, anggota Polri harus memahami peraturan dan perundang-undangan pelaksanaan Pilkada, kemudian lakukan tindakan secara tegas dan terukur dengan mengkedepankan tindakan bersifat persuasif,” tegasnya.

BACA :  Penangkapan Pengedar Uang Palsu di Kundur

Orang nomor satu di Polres Karimun itu menyebutkan, personel yang diturunkan untuk mrngamankan Pilkada sebanyak 312 personel ditambah dengan 50 anggota Brimob Polda Kepri.

“Tempat atau titik pengamanan personel yang diturunkan, ditiap-tiap TPS. Selain itu pengamanan melekat di masing-masing pasangan calon kepala daerah,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga Kapolres menambahkan, tanggal 27 Agustus pukul 08.00 WIB di panggung rakyat Coastal Area akan melaksanakan deklarasi damai, dengan nengundang semua pasangan calon kepala daerah Kabupaten Karimun.

“Intinya dari deklarasi, pasangan calon sama-sama menyampaikan siap kalah dan siap menang,” pungkasnya.

Pantaun dilapangan setelah apel, dilanjutkan dengan simulasi sistem pengamanan dalam rangka Pilkada serentak. Diantaranya pengamanan TPS, Kantor KPU dan DPRD.

BACA :  Polsek Kundur Berhasil Meringkus Pengedar Narkoba di Taman Safari Tg Batu

gk