Personil Polsek Urban Tanjungbalai Karimun menyerahkan bantuan pemadam di bagi warga Pulau Tulang Desa Tulang Kecamatan Karimun, Jumat (16/8)

KARIMUN – Polsek Urban Tanjungbalai Karimun menyerahkan bantuan peralatan pemadam kebakaran, untuk wilayah Pulau Tulang Desa Tulang Kecamatan Karimun.

Kapolsek Urban Tanjungbalai Karimun, AKP Budi Hartono mengatakan, bantuan itu diberikan sebagai salah satu upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Wilayah Kecamatan Karimun ada dua titik yang rawan karhutla. Yakni Pulau Parit Desa Parit dan Pulau Tulang Desa Tulang. Makanya kita berikan peralatan pemadam. Kalau di wilayah Pulau Karimun Kecamatan Karimun, sudah padat penduduk dan potensi karhutla sudah sangat minim,” jelas Budi, Sabtu (17/8).

Peralatan pemadam yang diberikan antara lain berupa mesin pompa air, semprot air, sepatu bot, yang diperuntukkan bagi posko desa anti api di Pulau Tulang Desa Tulang Kecamatan Karimun.

“Bantuannya kita berikan pada Jumat kemarin (16/8) dan langsung diantar ke Pulau Parit, diterima oleh Kades setempat. Mudah-mudahan dapat dipergunakan dalam penanganan dan antisipasi karhutla di wilayah tersebut,” kata Budi.

Antisipasi lainnya kata Budi, telah dibentuk satgas karhutla Desa Tulang, dengan cara mendirikan posko anti api desa. Yang terdiri dari perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan warga.

“Tujuan kita bentuk posko adalah, agar masyarakat sama-sama tanggap dan bisa bergerak cepat melakukan tindakan pemadaman, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” ucapnya.

Budi juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai hal-hal yang dapat berpotensi terjadinya kebakaran. Terlebih saat ini tengah memasuki musim kemarau.(*)