lomba gasing 1
lomba gasing

Tanjungbatu – Gagak Hitam Kabupaten Karimun menggelar lomba gasing di wilayahnya dalam rangka HUT RI ke 74 dan Tahun Baru Islam 1441, Senin (1/9/19).

Tidak tanggung-tanggung, 44 peserta terdiri dari laki-laki terlibat dalam kegiatan tahunan yang dilaksanakan di gelanggang gasing Tanjung Sari Kelurahan Gading Sari.

Panglima sambang Gagak Hitam (Kabupaten Karimun) berpusat dipulau kundur tempatnya di Tanjungbatu kundur johandra Fahmy menyampaikan, tujuan kegiatan diantaranya untuk mempertahankan warisan budaya, kemudian melestarikan olahraga tradisiona.

“Selain itu memberi manfaat yang optimal bagi sektor pariwisata, sehingga mempromosikan daya tarik wisata Kundur,” ucapnya.

lomba gasing gagak hitam
lomba gasing, oleh gagak hitam

Johan mengatakan, permainan ini harus dikembangkan untuk mempertahankan wisata budaya, dengan harapan memberi manfaat bagi sektor pariwisata.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan lomba gasing, yang melibatkan masyarakat.

“Permainan gasing pada awalnya merupakan perwujudan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan, dalam perkembangannya permainan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana menanam nilai-nilai luhur dan membina keterampilan,” terang johandra.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan peringatan 1 muharram.*