ASAHAN – Presiden RI Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, turut hadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023, Kamis (9/2).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Deliserdang tersebut juga dihadiri oleh para Kepala Daerah se-Indonesia, pelajar, mahasiswa, insan pers serta para tamu dan undangan lainnya.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan kebebasan pers harus dimaknai sebagai nilai yang baik dan berguna di dalam etika yang bertanggungjawab.

“Dalam kode etik jurnalistik disampaikan wartawan Indonesia dalam menghasilkan berita harus akurat berimbang dan tidak beritikad buruk serta harus sesuai dengan hati nurani. Ini tugas pemberitaan melayani kemanusiaan dan hati nurani,” kata Edy Rahmayadi yang pada kesempatan tersebut menerima Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

BACA :  Jum'at Berkah, PWI Karimun Kembali Santuni Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa di Kundur

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya, juga mengingatkan pers mengenai pemberitaan yang bertanggung jawab. Menurutnya pers sudah bebas, pemberitaan bisa dilakukan siapa saja. Selanjutnya Presiden RI menyampaikan, peran utama media semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post truth, pasca fakta dan pasca kebenaran.

“Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistisme. Oleh karena itu, saya minta semua pihak baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama,” kata Jokowi.

Ketua PWI Atal S Depari pun memberikan apresiasi pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas dukungannya pada HPN 2023. “Syukur, Provinsi Sumut telah berkenan jadi tuan rumah. Pak gubernur support habis pelaksanaan HPN, kami bangga dengan tekad beliau,” katanya.

BACA :  Jum'at Berkah, PWI Karimun Kembali Santuni Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa di Kundur

Kata Atal, Sumut merupakan bagian penting dari sejarah pers Indonesia. “Di Sumut lahir pelopor pers Indonesia, lahir media legendaris, lahir wartawan pejuang yang menghidupkan perjalanan pers Indonesia,” kata Atal.

Terpisah, pasca kegiatan, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos., M.Si ucapkan selamat memperingati HPN 2023 kepada seluruh insan pers khususnya yang ada di Kabupaten Asahan. Wabup pun berharap insan pers dapat meningkatkan peran pentingnya dalam memperkuat penggunaan karya tulis yang dilahirkan, menuju pada kebaikan. “Karena menurut saya, penghargaan tertinggi bagi profesi jurnalistik adalah bagaimana tanggungjawabnya sebagai social control di tengah masyarakat melalui karya tulis yang dilahirkan dengan tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik secara utuh,” urai Wabup.

BACA :  Jum'at Berkah, PWI Karimun Kembali Santuni Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa di Kundur

Wabup juga sampaikan bahwa kekuatan media saat ini sangatlah luar biasa. Oleh karena itu dirinya berharap agar kekuatan besar tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesuksesan pembangunan, ekonomi, sosial kemasyarakat dan banyak hal lainnya.

Mengakhiri keterangannya, Wabup berharap seluruh insan pers khususnya yang ada di Kabupaten Asahan untuk dapat memanfaatkan momentum peringatan HPN, dengan terus meningkatkan kemampuan diri serta menjalankan profesi m dengan lebih baik lagi. Wabup juga berharap insan pers di Kabupaten Asahan dapat terus memberitakan informasi mengenai potensi yang ada di Kabupaten Asahan. “Selamat memperingati HPN 2023 kepada semua insan pers di Kabupaten Asahan, dan saya berharap kerjasamanya untuk terus mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Asahan, yang akan memberikan citra positif bagi investor dan wisatawan datang ke Asahan,” pungkas Wabup.(Bagus)

Previous articleDiserbu Bacaleg Berpotensi, PPP Inhil Siap Menangkan Pemilihan Legislatif 2024 
Next articlePolres Karimun Datangi Kepala Kantor Imigrasi