Home Riau INHIL Serda Edili Zalukhu Babinsa Koramil 06/KTM Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutla

Serda Edili Zalukhu Babinsa Koramil 06/KTM Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutla

0
Serda Edili Zalukhu Babinsa Koramil 06/KTM Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutla

Kateman — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kateman, jajaran Kodim 0314/Inhil yang dipimpin Serda Edili Zalukhu rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang karhutla di wilayah binaan teritorial jajaran Koramil 06/Kateman mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Di desa Sungai Simbar, kecamatan Kateman, kabupaten Indragiri Hilir, Senin (9/1/2023) pagi.

 

Serda Edili Zalukhu mengatakan kegiatan patroli dilakukan dengan berjalan kaki menyasar perkebunan masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar tidak ada yang membakar hutan dan lahan.

 

“Termasuk juga mencari kalau ada pelaku yang sedang melakukan pembakaran, hal itu sesuai dengan arahan Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid,” kata Serda Edili Zalukhu.

 

Dikatakannya, kegiatan dilaksanakan itu dengan menelusuri lahan dan kawasan hutan dengan menyasar perkebunan agar lebih leluasa sampai ke pelosok desa. Walaupun keadaan jalan yang sedang rusak tetap terus berjalan dengan penuh semangat.

 

Sementara Danramil 06/Kateman kapten Czi Asmara Hadi mengatakan patroli yang dilakukan Babinsa Serda Edili Zalukhu mulai dari desa ke desa sampai ke dusun. Di samping patroli dan sosialisasi juga mencari pelaku karhutla.

 

“Tujuannya sudah jelas, Babinsa patroli setiap hari. Apa bila menemukan pembakar lahan dan hutan langsung kita tangkap dan pelaku pembakaran tersebut dapat diproses secara hukum nantinya karena merugikan masyarakat banyak,” kata Danramil.

 

Sebab itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan dan hutan khususnya di wilayah Koramil 06/Kateman.

 

“Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan patroli, masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita,” kata Danramil menambahkan.