Soal hak cipta lagu, Sammy Simorangkir cuek

Pembajakan memang makin marak di dunia musik. Hingga kini, masih belum ada solusi yang tepat untuk mengurangi, apalagi memberantasnya. Para musisi hanya bisa berharap akan ada perbaikan, termasuk Sammy Simorangkir.

Bukan hanya soal menggandakan lagu yang dijual oleh seorang atau sekelompok musisi saja, pembajakan juga terkadang menyangkut hal cipta. Mengenai hal itu, mantan vokalis Kerispatih ini menyerahkannya pada yang berwenang saja.

“Untuk itu, kita percayain aja sama teman-teman artis kita yang di DPR,” ungkapnya saat dijumpai di Tendean, Mampang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Sammy sendiri masih sempat membawakan lagu milik Kerispatih yang dulu memang ia nyanyikan bersama band-nya itu. Tak ada yang ribet soal hak cipta, namun dia mengaku lebih suka menyanyikan lagu milik sendiri.

“Kalau saya sudah bawa lagu sendiri. Males bawa lagu orang. Cuma terkadang yang minta itu klien yang ngundang gue,” ujarnya.

Lagu milik Sammy sendiri juga sering dibawakan oleh orang lain di atas panggung, atau juga di-cover di internet. Masalah hak cipta, dia juga tak ingin bikin ribet.

“Lagu gue kalau dibawain orang juga gue gak akan komplain kok. Realistis aja,” jelasnya.

(merdeka.com)