Inhil – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memberikan piagam penghargaan untuk para pegiat literasi di daerah tersebut.

Piagam penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala DPAD H Yulizal kepada para pegiat literasi di Kabupaten Inhil, yakni Marliah, Wina Yunita, Titin Triana, M Dong, Guslaini, Darmaiyah dan Dahlia.

Dalam arahannya, Kepala DPAD Yulizal menyatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian serta sumbangsih para penulis bagi perkembangan dan kemajuan literasi di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini.

“Kita harapkan guru-guru yang lain juga terpacu untuk menulis, sehingga akan lebih banyak lagi yang dihasilkan dan bisa menyumbangkan ke DPAD,” ujar Yulizal saat diwawancarai awak media usai kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Tembilahan pada Senin, 21 Juni 2021.

Diungkapkannya, DPAD Inhil akan selalu mendorong para guru agar aktif berbagi pengalaman dan ilmunya melalui karya tulis yang dituangkan dalam sebuah buku.

Karena dengan membangun kebiasaan menulis di kalangan guru, maka akan lebih banyak buku yang dihasilkan guna mewujudkan Inhil sebagai Kabupaten Literasi, serta dalam upaya mendukung dan mensukseskan program Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Oleh sebab itu, para guru diharapkan mampu menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam buku, sehingga dapat memperkaya sumber bacaan bagi siswa dan masyarakat luas, dalam upaya meningkatkan minat baca dan kualitas hidup generasi muda serta Bangsa Indonesia.

“Jadi saya harapkan kepada guru-guru, tolonglah menulis dan hasilkan buku-buku. Kami akan memberi dukungan berupa piagam penghargaan kepada para guru yang aktif menulis dan sebagai pegiat literasi,” kata Yulizal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DPAD Yulizal juga menerima sejumlah buku yang diserahkan langsung oleh para penulisnya, yakni Guslaini, Marliah, Darmaiyan dan Dahlia.