Home Riau INHIL Terus Berlanjut, Babinsa Desa Pengalihan Sertu HM Sibarani Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Terus Berlanjut, Babinsa Desa Pengalihan Sertu HM Sibarani Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

0
Terus Berlanjut, Babinsa Desa Pengalihan Sertu HM Sibarani Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Enok  — Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), terus menerus dilakukan Babinsa rutin patroli dan sosialisasi Stop Karhutla kepada masyarakat.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, Sertu HM Sibarani bersama dua masyarakat setempat melaksanakan Patroli Karhutla di titik koordinat: -0°30’15″S, 103°5’11”,E

154° wilayah desa Pengalihann, kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Sabtu (18/3/2023) pagi.

 

Sertu HM Sibarani, menyampaikan seperti diketahui Bersama, bahwa sebagian besar wilayah Pengalihann adalah desa yang rawan terjadi Karhutla, maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

 

“Kami juga menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah, agar menjaga api apabila sedang membakar sampah, hal ini supaya tidak terjadi kebakaran. Selain itu juga jangan buang puntung rokok sembarangan terutama di tempat perkebunan yang bertanah gambut,” ujarnya.

 

Selaku Babinsa desa Pengalihan Sertu HM Sibarani selalu menghimbau khususnya masyarakat , agar selalu waspada terhadap kebakaran, segera lapor cepat apabila menemui titik api. Dia juga mengingatkan supaya jangan lagi ada yang membuka lahan dengan cara membakar yang bisa berdampak menyebabkan pencemaran lingkungan warga setempat. Apalagi sanksi hukum dan denda pun cukup berat bagi pelaku pembakaran.

 

“Ya sebagai antisipasi kita melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga warga paham dan mengerti, bahwa melakukan pembakaran lahan tidak diperbolehkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

 

Terkahir dikatakannya dalam pelaksanaan patroli Karhutla di wilayah binaan Pengalihan dengan hasil pantauan titik api dan asap hasilnya nihil, dan situasi aman dan terkendali.

 

“Syukurlah tidak ada kita temukan titik Hotspot di sini, mudah-mudahan lah selalu aman dan terkendali dengan kegiatan patroli kita rutinitas bersama dengan warga dan aparat-aparat terkait, sehingga tidak terjadi kebakaran lahan di sini,” pungkasnya.