warga_bali_diminta_waspadai_kejahatan_pedofilia

Denpasar – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan warga Bali agar lebih waspada menjaga anak-anak dari kejahatan pedofilia. Peringatan tersebut disampaikan dengan harapan agar kasus kejahatan pedofilia tidak lagi terjadi di Bali dan anak-anak Bali tidak lagi menjadi korban kejahatan pedofilia.

Peringatan tersebut disampaikan Pastika saat menghadiri Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) Di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Sabtu (19/3).

Menurut Pastika, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam upaya memerangi kejahatan pedofilia yang belakangan makin meresahkan. Orang tua dituntut lebih waspada dan lebih memperhatikan anak-anaknya. “Kita semua anti pedofilia dan pelakunya harus dihukum seberat-beratnya,” tegas Mantan Ketua Tim Investigasi Bom Bali tersebut.

BACA :  Jokowi Serahkan 5.903 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Bali

Pastika mengungkapkan selain tindakan hukum, upaya pencegahan juga menjadi bagian yang tak kalah penting. Mengingat dalam sejumlah kasus, seringkali orang tua yang membiarkan anaknya diurus oleh orang asing. “Mereka seolah bangga manakala anaknya diundang oleh orang asing, dimandiin, dikasi permen, buku. Padahal itu pancingan. Seolah sayang dengan anak padahal dimanfaatin untuk pedofilia,” papar Pastika,

Pastika menghimbau para orang tua, utamanya di daerah-daerah miskin agar jangan percaya 100 persen pada orang asing yang tak jelas. Apalagi dari beberapa kasus yang pernah muncul para pelaku pedofilia cenderung menyasar daerah yang terpencil dan miskin.*